GEOGRAFI X RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator : - Mendeskripsikan Matahari sebagai pusat Tata Surya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan Matahari sebagai pusat Tata Surya
- Mendeskripsikan bagian-bagian Matahari
B. Materi Pembelajaran
- Matahari Pusat Tata Surya
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Gambar Matahari sebagai pusat Tata Surya
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan pengertian Matahari dan manfaatnya bagi kehidupan.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan sifat dan bagian-bagian Matahari (hal 35 – 37) secara garis besar menggunakan gambar (hal 36 - 37).
· Penugasan: siswa secara individu mengerjakan uji penguasaan materi (hal 37) disertai pembahasan yang dikerjakan dalam bentuk karangan.
· Tanya-jawab mengenai uji penguasaan materi (hal 37) disertai penjelasan dari guru.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mengenai Matahari sebagai pusat Tata Surya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari soal uji penguasaan materi | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
No comments:
Post a Comment