Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP10




GEOGRAFI X RPP 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator                                 : -    Mendeskripsikan Matahari sebagai pusat Tata Surya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan Matahari sebagai pusat Tata Surya
-          Mendeskripsikan bagian-bagian Matahari

B.     Materi Pembelajaran
-          Matahari Pusat Tata Surya

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar Matahari sebagai pusat Tata Surya
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian Matahari dan manfaatnya bagi kehidupan.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan sifat dan bagian-bagian Matahari (hal 35 – 37) secara garis besar menggunakan gambar (hal 36 - 37).
·         Penugasan: siswa secara individu mengerjakan uji penguasaan materi (hal 37) disertai pembahasan yang dikerjakan dalam bentuk karangan.
·         Tanya-jawab mengenai uji penguasaan materi (hal 37) disertai penjelasan dari guru.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mengenai Matahari sebagai pusat Tata Surya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari soal uji penguasaan materi




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi



                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: