05 April 2011

Geografi SMA X RPP8




GEOGRAFI X RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator                                 : Mengidentifikasi proses terjadinya, bentuk, dan sifat
  anggota Jagat Raya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan proses terjadinya anggota Jagat Raya
-          Membedakan bentuk-bentuk anggota Jagat Raya
-          Menjelaskan sifat-sifat anggota Jagat Raya

B.     Materi Pembelajaran
-          Anggota Jagat Raya
1.      Galaksi
    • Bentuk Galaksi
    • Macam-macam Galaksi

C.    Metode Pembelajaran
CD pembelajaran, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          CD pembelajaran mengenai Jagat Raya (Galaksi)
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
2.      Kegiatan Inti
·         Menonton film mengenai anggota Jagat Raya (Galaksi) dengan seksama.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sekilas mengenai isi film yang telah ditonton.
·         Siswa membuat karangan secara individu mengenai materi/isi film dengan mencantumkan judul film dan pembuatnya.

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mengenai ringkasan film tentang anggota Jagat Raya (Galaksi). Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari isi film




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: