GEOGRAFI X RPP 6
BAB 2. JAGAT RAYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian dan proses terjadinya
Jagat Raya
- Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan pengertian Jagat Raya
- Mendeskripsikan proses terjadinya Jagat Raya
- Mendeskripsikan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Jagat Raya
- Pandangan Manusia tentang Jagat Raya
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Gambar proses pembentukan Jagat Raya
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan tentang benda-benda langit yang ada di Jagat Raya.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya secara garis besar (hal 17 - 19).
· Penugasan secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya dari situs www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
· Siswa membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya di buku teks (hal 17-19).
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar | |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….
No comments:
Post a Comment