05 April 2011

Geografi SMA X RPP3



GEOGRAFI X RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menjelaskan Pendekatan Geografi
Indikator                                 : -    Menjelaskan metode/pendekatan geografi
-          Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-          Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Pendekatan kajian geografi
1.      Pendekatan keruangan (spatial approach)
2.      Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
3.      Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. Guru menanyakan mengenai materi sebelumnya.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan mengenai metode/pendekatan geografi secara garis besar (hal 8).
·         Tanya-jawab mengenai perbedaan antara metode/pendekatan keruangan, kompleks kewilayahan, dan ekologi dalam mengkaji fenomena geosfer.
·         Secara individu, siswa menyampaikan analisisnya mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan (Analitika hal 9).
·         Mendiskusikan hasil analisis siswa terhadap pembangunan rumah susun.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan analisis.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di perkotaan!

Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Sikap terhadap materi pembahasan




Alasan atas sikap terhadap materi pembahasan




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi



                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: