Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP23




GEOGRAFI X RPP 23

BAB 8. PERUBAHAN HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -   Menjelaskan siklus hidrologi
-  Mengidentifikasi jenis perairan darat
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Mendeskripsikan siklus hidrologi
B.     Mengidentifikasi jenis-jenis perairan darat

B.     Materi Pembelajaran
  1. Siklus Hidrologi
-          Jenis-Jenis Perairan Darat
1.      Air Tanah
2.      Danau
3.      Rawa

C.    Metode Pembelajaran
Life skills, diskusi, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    Peta konsep
VI. OHP / Slide Proyektor
VII.                      Gambar wilayah air tanah
VIII.                   Gambar/foto danau dan rawa
IX. Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
      1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian hidrosfer.

      1. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan materi disertai gambar wilayah air tanah, gambar/foto danau dan rawa.
·         Siswa membuat gambar mengenai proses terjadinya siklus hidrologi disertai penjelasan seperlunya.
      1. Kegiatan Penutup
F.      Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
G.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

H.    Penilaian
Jenis tagihan                : Portofolio
Bentuk tagihan            : Gambar siklus hidrologi

 

Rubrik Penilaian Gambar
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Kesesuaian judul dengan isi gambar




Kelengkapan dan penjelasan gambar




Pemberian warna




Keindahan tulisan dan kesesuaian warna dalam gambar




Kerapihan dan kebersihan gambar




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: