Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP25




GEOGRAFI X RPP 25

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -   Menjelaskan perbedaan pesisir dan pantai
-          Mengklasifikasi jenis-jenis laut
-          Mengidentifikasi morfologi laut
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Membedakan zona pesisir dan pantai
B.     Mengklasifikasi jenis-jenis laut
C.     Mengidentifikasi zona morfologi laut

B.     Materi Pembelajaran
-          Perairan Laut
·      Zona pesisir dan laut
·      Klasifikasi laut
·      Morfologi laut

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    Peta konsep
VI. Peta Dunia
VII.                      OHP / Slide Proyektor
VIII.                   Gambar morfologi laut
IX. Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
        i.            Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian perairan laut.
      ii.            Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan materi disertai gambar morfologi laut.
·         Tanya jawab mengenai materi.
    iii.            Kegiatan Penutup
-          Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
-          Evaluasi materi: mengerjakan soal evaluasi pada akhir bab (hal 172 – 173).
-          Menugaskan siswa untuk mencari bahan-bahan dari internet mengenai masuknya Pulau Sipadan dan Ligitan ke dalam wilayah Malaysia sebagai bahan diskusi pada pertemuan berikutnya

F.     Penilaian
G.    Penilaian tertulis: Soal evaluasi soal akhir bab


Kunci Jawaban Soal Evaluasi Bab 8. Perubahan Hidrosfer dan Dampaknya Bagi Kehidupan
 I. Pilihan Ganda

I.       b
II.    c
III. d
IV. c
V.    a
VI. c
VII.                      a
VIII.                   c
IX. d
X.    b


II. Essai
1.      Perbedaan antara siklus panjang dan siklus pendek adalah sebagai berikut.
A.    Siklus panjang: air laut/darat – uap air – embun – awan – kristal es – dibawa ke puncak gunung – hujan es – gletser – mencair – mengalir ke sungai – kembali ke laut.
B.     Siklus pendek: air laut/darat – uap air – embun – awan – hujan – laut.
2.       













Air tanah terbentuk karena adanya proses penyerapan air hujan ke dalam tanah pada singkapan batuan aquifer. Air yang meresap ke dalam tanah sebagian akan tertahan oleh partikel-partikel tanah di lapisan tanah paling atas. Air tanah yang berada pada lapisan porous yang dibatasi oleh lapisan kedap air (permeabel) disebut air tanah freatik. Sebagian akan diserap oleh tumbuhan dan sebagian lagi akan terus meresap jauh ke bawah permukaan bumi, yaitu pada zona di bawah lapisan impermeabel yang disebut air tanah dalam. Air tanah dalam yang menyembur keluar ke atas permukaan tanah disebut mata air. Sedangkan air tanah dalam yang dibor akan membentuk sumur artesis. 
3.      Danau dapat hilang atau airnya menjadi kering dapat disebabkan oleh adanya proses penguapan, air danau dialirkan ke sungai, atau air danau merembes ke dalam tanah.
4.      Meander terbentuk karena adanya proses sedimentasi dari bagian tengah ke bagian hilir sungai, sehingga menyebabkan sungai tersebut menjadi berkelok-kelok.
5.      Karena sebagian besar sungai di Indonesia merupakan sungai hujan. Karakteristik sungai hujan adalah volume airnya tidak tetap. Di musim hujan, volume air sungai relatif besar, sehingga kadang-kadang meluap dan menyebabkan banjir. Akan tetapi, pada musim kemarau, volume airnya relatif kecil, bahkan ada yang kering.

III. Soal Terapan
1.      Karena kotak hitam tersebut terletak pada zona abysal, di mana tekanan air di wilayah ini sangat tinggi dan temperaturnya sangat rendah. Sinar matahari tidak dapat tembus ke wilayah ini, sehingga wilayah ini sangat gelap. Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan kotak hitam Pesawat Adam Air sulit diambil. Selain itu, untuk mengambilnya diperlukan peralatan yang canggih dan mahal.
2.      Wilayah permukiman di daerah resapan air tersebut akan mengalami banjir pada musim hujan, dan kekeringan pada musim kemarau.
3.      Karena sungai-sungai tersebut dilindungi oleh hutan bakau (mangrove) yang masih dalam keadaan baik (belum rusak karena aktivitas manusia), sehingga dapat melindungi pantai dari terjangan tsunami.

XI.             Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi



                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: