05 April 2011

Geografi SMA XI RPP6



GEOGRAFI XI RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
Indikator                                 : -   Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan                       
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasi kerusakan flora dan fauna
-          Mengidentifikasi dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan

B.     Materi Pembelajaran
-          Kerusakan flora dan fauna
-          Dmapak kerusakan flora dan fauna

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan tentang kondisi keberadaan flora dan fauna di dunia
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru menjelaskan kerusakan flora dan fauna serta dampaknya terhadap kehidupan secara garis besar (hal. 21 - 23).
·           Penugasan secara individu, siswa menggali informasi tentang kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa  di Indonesia dari berbagai situs internet dan media lainnya.
·           Siswa membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan media lainnya.
·           Mendiskusikan secara berkelompok tentang dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa dan usaha untuk mengatasinya (Aktivitas hal.24).
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan: siswa mengerjakan soal evaluasi mengenai Biosfer (hal.26 – 28)


E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Gambar tentang kerusakan flora dan fauna
-          Internet

F.     Penilaian
Penilaian tertulis
-          Soal evaluasi pada buku sumber.

Penilaian Performance/Sikap
Jenis tagihan          : Portofolio
Bentuk tagihan      : Laporan hasil diskusi
Bahan diskusi        : Bagaimana dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan cagar atau suaka margasatwa di Indonesia dan usaha untuk mengatasinya?

 

Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
Kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar





Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Kunci Jawaban
I. Pilihan Ganda
1.      d
2.      a
3.      b
4.      c
5.      c
6.      d
7.      c
8.      a
9.      b
10.  b

II. Essai
1.        Persebaran flora dan fauna di muka bumi dipengaruhi dua faktor, yaitu faktor lingkungan dan faktor sejarah geologi. Faktor lingkungan merupakan faktor yang sangat menentukan terjadinya variasi jenis flora dan fauna yang ada di muka bumi. Berdasarkan sifatnya, faktor lingkungan dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan abiotik (relief, iklim, tanah, dan air) dan lingkungan biotik Lingkungan dengan kondisi tertentu akan menentukan jenis flora dan fauna yang ada di wilayah tersebut. Faktor sejarah geologi juga turut memengaruhi variasi persebaran flora dan fauna di muka bumi. Pergeseran benua yang terjadi pada masa mesozoikum menyebabkan terjadinya perubahan lingkukngan. Pada akhirnya perubahan lingkungan ini akan memengaruhi variasi persebaran flora dan fauna di permukaan bumi. Biosfer yang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru akan bertahan, sedangkan yang tidak dapat bertahan akan musnah.
2.        Hutan lindung adalah kawasan yang bertujuan untuk melindungi tata air dan tanah pada kawasan tersebut dan sekitarnya, sedangkan hutan suaka margasatwa adalah suatu kawasan yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup fauna jenis tertentu agar tidak punah.
3.        Pembagian wilayah fauna di daratan,yaitu sebagai berikut.
·      Fauna Australian, meliputi wilayah Australia, Selandia Baru, Papua, Maluku, dan pulau-pulau sekitarnya. Contohnya: kangguru, kiwi, burung cendrawasih, kura-kura, buaya, katak, trenggiling, koala, tikus, kelelawar, kelinci, burung kasuari, dan landak pemakan semut.
·      Fauna Oriental, meliputi wilayah Asia Selatan dan Tenggara serta pulau-pulau sekitarnya. Contohnya: berbagai jenis mamalia, seperti harimau, badak bercula satu, gajah, siamang, orang utan, kera, tapir, antelop, menjangan, dan babi rusa.
·      Fauna Neartik, meliputi wilayah Amerika Utara dan Greenlad. Contohnya: ayam kalkun, bison, muskox, caribau, dan kambing gunung.
·      Fauna Paleartik, meliputi Eurasia mulai dari daerah dekat Kutub Utara sampai Pegunungan Himalaya, mulai dari Inggris sampai Jepang. Contohnya: bison, kucing kutub, tikus air, rusa kutub, keledai liar, kambing marcopolo, beruang kutub, dan landak.
·      Fauna Neotropik, meliputi Meksiko Selatan, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Contohnya: trenggiling, menjangan, babi, antelop, kuda, tapir, dan kera hidung merah.
·      Fauna Ethiopian, meliputi wilayah Afrika sebelah selatan, Gurun Sahara, Madagaskar, dan Jazirah Arab Selatan. Contohnya: zebra, okapi, jerapah, antelop, unta, badak Afrika, berbagai jenis kera (gorila, lemur, babon, dan simpanse), singa, dan gajah (hampir sama dengan fauna Oriental).
4.        Taman nasional dibedakan menjadi empat wilayah, yaitu sebagai berikut.
·      Wilayah inti (sanctuary zone), berbentuk cagar alam dan suaka margasatwa untuk melindungi flora dan fauna di dalamnya dari kepunahan.
·      Wilayah rimba (wilderness zone), berfungsi untuk melindungi sumber daya di dalamnya.
·      Wilayah pengembangan (development zone), berfungsi untuk pelestarian dan pemanfaatan sumber daya di dalamnya.
·      Wilayah penyangga (buffer zone), berfungsi untuk pengembangan dan pengurangan tekanan kerusakan dari wilayah luar.
5.        Dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan lingkungan yang tidak terkendali terhadap flora dan fauna, antara lain pencemaran baik air, udara, dan tanah serta kepunahan flora dan fauna.




III. Soal Terapan
1.    Tanaman tersebut termasuk ke dalam tanaman endemik, namanya bunga Rafflesia. Walaupun masih dalam satu iklim yang sama namun keadaan tanah, meliputi tekstur, struktur, dan jenis tanah yang berbeda antara satu wilayah dengan wilayah yang lain di Indonesia menyebabkan tanaman tersebut hanya terdapat di sana.
2.    Hutan lindung, karena bentuk konservasi ini didirikan untuk melindungi tata air dan tanah pada suatu kawasan.
3.    Jawaban disesuaikan dengan kawasan tempat tinggal siswa.

IV. Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: