GEOGRAFI X RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator : Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mendeskripsikan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya
- Menghitung satuan ukuran jarak di Jagat Raya
B. Materi Pembelajaran
- Satuan Jarak di Jagat Raya
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, kuis
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya secara garis besar (hal 19 - 20).
· Tanya jawab mengenai macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya.
· Guru memberikan tugas individu untuk menghitung satuan jarak di Jagat Raya (Kuis Cepat Tepat).
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan: mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Jagat Raya (hal 28 – 29).
F. Penilaian
- Penilaian untuk kuis Cepat Tepat diberikan nilai 10 untuk setiap jawaban yang betul, nilai 5 untuk siswa yang berani mengerjakan di papan tulis namun jawabannya salah.
Kunci Jawaban Soal Evaluasi Bab 2. Jagat Raya
I. Pilihan Ganda
- b
- b
- a
- d
- d
- a
- b
- a
- c
- c
II. Essai
- Pandangan astronom modern mengenai Jagat Raya adalah bahwa Jagat Raya tidak statis, melainkan terus berkembang. Seluruh isi Jagat Raya terbukti berasal dari titik, merupakan cikal bakal yang dikenal Teori Big Bang.
- Para astronom telah mengelompokkan spektrum bintang berdasarkan kemiripan susunan garis yang dinyatakan dalam simbol-simbol kelas spektrum sebagai berikut: O, B, A, F, G, K, dan M. Untuk mempermudah mengingat susunan spektrum tersebut para astronom menggunakan ungkapan “Oh, Be A Fine Girl; Kiss Me”.
- d = 1 / p = 1 / 0,35 = 2,8571 parsec
» 2,8571 parsec x 3,26 tc = 9,31 tc
» 2,8571 parsec x 206.265 au = 589.328,57 au
- Gambar perkembangan galaksi?
- Dari 88 buah rasi bintang yang terdapat di bola langit, terdapat 12 buah rasi bintang yang sangat terkenal yag berada di daerah sekitar ekliptika yang dinamakan “ZODIAK”, yang berarti “binatang”. Rasi-rasi Zodiak dilewati Matahari selama kira-kira satu bulan. Matahari bergeser secara perlahan-lahan melalui gugusan bintang-bintang zodiak. Kedua belas kelompok bintang yang berada di daerah Zodiak adalah Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, dan Capricornus.
Gambar
III. Soal Terapan
1. Bukan. Matahari adalah sebuah bintang sedangkan bulan adalah benda langit yang disebut satelit. Adanya perputaran bumi pada porosnya (rotasi) mengakibatkan terjadinya siang dan malam. Pada siang hari tampak matahari, karena cahaya matahari lebih kuat dibanding bulan, sehingga bulan tidak tampak.
2. Terletak jauh dari bumi (jarak bumi ke bintang relatif jauh dalam satu satuan cahaya).
3. Menggunakan letak bintang sebagai patokan dasar dalam berlayar.
IV. Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang fenomena geosfer | | | | |
Pemahaman tentang materi | | | | |
Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….
No comments:
Post a Comment