05 April 2011

Geografi SMA XI RPP27




GEOGRAFI XI RPP 27
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi               :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : -  Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan

B.     Materi Pembelajaran
-          Pembangunan berkelanjutan

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salan dan mengabsen.
·         Apersepsi: tanya jawab pengertian pembangunan berkelanjutan.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan secara garis besar              (hal 90-91).
·           Penugasan secara kelompok,  mencari pengertian pembangunan berklelanjutan dari berbagai referensi.
·           Siswa membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·           Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian pembangunan berkelanjutan di buku sumber (hal 90-91).
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet




F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi. Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya




Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: