Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP24




GEOGRAFI X RPP 24

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -   Mengklasifikasi ciri dan pola aliran sungai
- Menganalisis penyebab kerusakan dan upaya pelestarian DAS
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Mengklasifikasi ciri dan pola aliran sungai
B.     Menganalisis kerusakan DAS
C.     Mengidentifikasi upaya pelestarian DAS dan pencegahan banjir

B.     Materi Pembelajaran
-          Jenis-Jenis Perairan Darat
·      Sungai
·      Daerah Aliran Sungai

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, life skills, diskusi, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    Peta konsep
VI. OHP / Slide Proyektor
VII.                      Gambar/foto sungai dan DAS
VIII.                   Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian perairan darat.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan materi disertai gambar pola aliran sungai.
·         Mendiskusikan kerusakan DAS dan hubungannya dengan banjir (Aktivitas hal 170).
3.      Kegiatan Penutup
A.    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
B.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah mengenai kerusakan DAS dan hubungannya dengan banjir!

 

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik Diskusi              : ……………………………………………………..

No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Partisipasi dalam kegiatan



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: