05 April 2011

Geografi SMA X RPP19




GEOGRAFI X RPP 19

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
         litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -    Menganalisis proses terjadinya erosi tanah
- Menganalisis dampak kerusakan tanah terhadap kehidupan
A.    Mengidentifikasikan usaha-usaha untuk mencegah kerusakan tanah
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Menganalisis dampak kerusakan tanah bagi kehidupan
B.     Menjelaskan usaha mengurangi erosi tanah

II.    Materi Pembelajaran
  1. Erosi Tanah dan Dampaknya terhadap Kehidupan
-          Usaha Mengurangi Erosi Tanah

III. Metode Pembelajaran
Diskusi, life skills, penugasan

IV. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    OHP / Slide Proyektor
VI. Internet

V.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan hasil pengamatan siswa mengenai proses terjadinya erosi tanah ketika terkena gerusan air hujan atau siraman air secara terus menerus.
2.      Kegiatan Inti
·         Bersama-sama mendiskusikan dampak erosi tanah terhadap kehidupan (hal 109).
·         Mendiskusikan secara berkelompok mengenai masalah kegiatan pembalakan hutan secara liar (Aktivitas hal 113).
·         Membuat kesimpulan hasil diskusi.
3.      Kegiatan Penutup
A.    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
B.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
C.     Menugaskan siswa mengerjakan soal evaluasi akhir bab mengenai Pedosfer. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
D.    Menugaskan siswa untuk membaca dan mencermati materi mengenai Perubahan Atmosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan.

VI. Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah masalah kegiatan pembalakan hutan secara liar yang semakin marak! Apa dampaknya? Bagaimana cara penanggulangannya?

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Penguasaan materi




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Partisipasi dalam diskusi




Partisipasi dalam kelompok




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Kunci Jawaban
 I. Pilihan Ganda

A.    e
B.     b
C.     e
D.    b
E.     c
F.      d
G.    d
H.    c
I.       b
J.       b


II. Essai
E.     Proses terbentuknya tanah merupakan hasil dari proses pelapukan batuan pada siklus geologi. Hasil kegiatan bersama yang terjadi karena proses pelapukan fisik dam kimia terhadap bahan induk tanah yang dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung lainnya, seperti iklim, organisme, topografi, dan waktu.
F.      Dampak erosi terhadap kehidupan manusia antara lain sebagai berikut.
·         Tanah yang tererosi tidak dapat ditanami karena kesuburannya berkurang, sehingga akan merugikan masyarakat sekitar.
·         Erosi tanah dapat menimbulkan tanah longsor yang dapat menyebabkan kehilangan nyawa dan harta benda manusia.
G.    Konservasi tanah dengan metode vegetatif adalah pengelolaan atau penanaman tanaman dengan berbagai cara sebagai upaya menekan laju erosi dan aliran permukaan. Konservasi tanah tersebut dapat dilakukan melalui empat cara, yaitu penanaman tanaman penutup tanah, penanaman strip (strip cropping), penanaman berganda (multiple cropping), dan penghutanan kembali (reboisasi).
H.    Konservasi tanah dengan cara penanaman berganda adalah sistem penanaman dengan menggunakan beberapa jenis tanaman yang ditanam secara bersamaan, disisipkan, atau digilir pada sebidang tanah. Adapun keuntungannya antara lain sebagai berikut.
A.    Tanah akan selalu tertutup oleh vegetasi.
B.     Pengolahan tanah dapat dikurangi.
C.     Dapat menekan populasi hama dan penyakit tanaman.
D.    Dapat mengurangi pengangguran musiman.
E.     Intensitas penggunaan lahan semakin tinggi.
F.      Tanah tidak akan kehilangan unsur hara tertentu.
I.       Terasering adalah penanaman dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng dan menahan atau memperkecil aliran permukaan agar air dapat meresap ke dalam tanah. Jenis terasering antara lain teras datar, teras kredit, teras pematang, dan teras bangku.

III. Soal Terapan
1.      Hal-hal yang harus diperhatikan apabila ingin mengelola lahan yang terjal, antara lain adalah kemiringan lereng, kemampuan tanah, dan tanaman penutup yang cocok dengan kondisi lahan demikian.
2.      Hal-hal dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya tanah longsor, antara lain sebagai berikut.
J.       Tidak melakukan penggundulan hutan
K.    Tidak mendirikan bangunan di atas lahan yang miring.
L.     Jangan menebang tanaman yang tumbuh di atas lahan yang miring.
3.      Tidak mungkin, karena perkebunan membutuhkan lahan yang luas.






-                      Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: