GEOGRAFI XI SILABUS 2
SILABUS
Nama Sekolah : ..........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Jurusan/ Semester : XI (sepuluh)/ IPS/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 9x45 menit
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||||
Jenis Tagihan | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||||
3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | · Pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan - Pengertian lingkungan - Komponen ekosistem - Lingkungan hidup sebagai sumber daya - Pembangunan | · Menjelaskan pengertian lingkungan dari berbagai referensi · Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem · Secara berkelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi , baik di Indonesia maupun dunia · Mengungkapkan kembali pengertian pembangunan dari berbagai referensi | · Merumuskan pengertian lingkungan hidup · Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem · Menjelaskan pengertian pembangunan | · Unjuk kerja · Tugas individu · Unjuk kerja · Unjuk kerja | · Karangan · Tes lisan · Makalah · Karangan | · Carilah pengertian lingkungan dari berbagai situs internet dan media lainnya! · Jelaskan komponen-komponen ekosistem! · Buatlah makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia! · Carilah pengertian tentang pembangunan dari berbagai sumber! | 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Gambar atau foto lingkungan hidup · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Gambar atau foto lingkungan hidup · | ||
- Konsep pembangunan - Tindakan-tindakan pemanfaatan lingkungan hidup secara arif - Pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembanguan | · Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan · Secara berkelompok, merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi · Secara berkelompok , mendiskusikan tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan · Secara berkelompok, mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi | · Merumuskan konsep pembangunan · Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan · Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembanguan berkelanjutan · Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai sumber referensi | · Tugas individu · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja | · Uraian singkat · Diskusi · Karangan · Laporan · Tanya jawab · Diskusi | · Uraikanlah proses pembangunan di Indonesia! · Berikan contoh penerapan konsep pembangunan dalam kehidupan sehari-hari! · Carilah pengertian dari pembangunan berkelanjutan dari berbagai situ internet atau media lainnya! · Diskusikanlah tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan! · Uraikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan! · Diskusikanlah manfaat lingkungan hidup dalam pembangunan! | 1x45 menit 1x45 menit 1x45 menit | · Gambar atau foto linkungan hidup · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Gambar atau foto lingkungan hidup · Internet · Media cetak · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Gambar atau foto lingkungan hidup · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Gambar atau foto lingkunga hidup · Internet | |||
3.2. Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | · Resiko lingkungan hidup dalam pembangunan · Pelestarian lingkungan hidup · Pembangunan berkelanjutan | · Mendiskusikan resiko lngkungan hidup dalam pembangunan secara berkelompok · Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup dari berbagai referensi secara berkelompok · Merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi secara berkelompok | · Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan · Merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup · Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan | · Tugas individu · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas individu · Portofolio · Unjuk kerja | · Laporan · Uji penguasaan materi · Tertulis · Diskusi · Analisis kasus · Karangan · Tanya jawab | · Diskusikanlah resiko dari lingkungan hidup dalam pembangunan! · Kerjakan Uji Penguasaan Materi pada buku sumber hal.92! · Jelaskan konsep pelestarian lingkungan hidup! · Kerjakan Aktivitas pada buku sumber hal.95! · Kerjakan Analitika pada buku sumber hal.95-96! · Buatlah ringkasan tentang konsep pembangunan berkelanjutan! · Bagaimanakah konsep pembangunan berkelanjutan di Indonesia? | 1x45 menit 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Gambar atau foto lingkungan hidup · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Gambar atau foto lingkungan hidup · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Gambar atau foto lingkungan hidup · OHP atau Slide Proyektor · Internet | ||
· Tindakan-tindakan pelestarian lingkungan hidup | · Menjelaskan hubungan pelestarian lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi secara individu · Secara individu, membuat kliping (dilengkapi dengan rangkuman dan tanggapan serta sumber) tentang pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan | · Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan | · Unjuk kerja · Tugas individu · Portofolio | · Tanya jawab · Kliping · Soal evaluasi | · Berikan contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan pelestarian lingkungan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan! · Buatlah kliping tentang pelestarian lingkungan hidup dalam hubungannya dengan pembangunan berkelanjutan! · Kerjakanlah soal evaluasi Bab 4 tentang Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan! | 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Gambar atau foto lingkungan hidup · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment