Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP11




GEOGRAFI X RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator                                 : -    Menjelaskan Planet sebagai anggota Tata Surya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan planet sebagai anggota Tata Surya
-          Mengidentifikasikan bulan sebagai satelit bumi
-          Menjelaskan perubahan pergerakan bulan terhadap bumi
-          Menjelaskan komet, meteor, dan meteorite sebagai anggota Tata Surya

B.     Materi Pembelajaran
-          Planet-planet
1.      Pengertian planet
2.      Hukum tentang planet
3.      Klasifikasi planet
-          Bulan Satelit Bumi
-          Komet, Meteor dan Meteorit, serta Planetoid dan Asteroid

C.    Metode Pembelajaran
CD pembelajaran, tanya jawab, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          VCD mengenai planet dalam Tata Surya
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian planet dan nama-nama planet.
2.      Kegiatan Inti
·         Menonton film mengenai Planet dengan seksama.
·         Mendiskusikan mengenai isi film yang telah ditonton dan kolom aktivitas pada buku sumber (hal 53).
·         Secara individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai materi/isi film dengan mencantumkan judul film dan pembuatnya.
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan: mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Tata Surya (hal 55 – 56), dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mengenai ringkasan film tentang Planet. Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari isi film




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Kunci Jawaban Soal Evaluasi Bab 3. Tata Surya
I.                   Pilihan Ganda

  1. e
  2. c
  3. a
  4. a
  5. b
  6. c
  7. d
  8. a
  9. e
  10. e


II.                Essai
1.      Pandangan manusia mengenai alam semesta dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya tata surya terbentuk dari bola kabut raksasa (nebula) yang berputar pada porosnya. Putaran tersebut memungkinkan bagian-bagian yang kecil dan ringan terlempar ke luar dan bagian terbesar dan berat berkumpul di pusat membentuk cakram raksasa.
2.      Hukum Kepler II menjelaskan bahwa planet beredar mengelilingi Matahari dengan kecepatan tidak tetap. Pada saat planet berada pada jarak terdekat dengan Matahari, planet bergerak dengan cepat. Sementara saat berada pada jarak terjauh dengan Matahari, planet bergerak dengan lambat.
3.      Menurut Hukum Titius-Bode, jarak antara planet ke Matahari dapat dihitung dengan menggunakan deret ukur sebagai berikut: 0, 3, 6, 12, 24, 48, dst. Dengan menambahkan bilangan 4 pada tiap-tiap suku deret itu, kemudian setelah itu masing-masing dibagi 10.
4.      Sebenarnya, bentuk Bulan tidak pernah berubah. Perubahan kenampakan bentuk Bulan itu disebabkan oleh perubahan kedudukan Bulan terhadap Bumi.
5.      Ekor komet sering berpindah-pindah letaknya. Ketika komet mendekati Matahari ekornya berada di belakang, sedangkan ketika sejajar dengan Matahari, ekornya berada di samping dan ketika menjauh dari Matahari, ekornya berada di depan.

III.             Soal Terapan
1.      Karena adanya rotasi bumi. Tidak mungkin bumi mengalami siang terus menerus.
2.      Bulan menyebabkan terjadinya peristiwa pasang surut laut.
3.      Berjalan, berlari, dan melakukan segala aktivitas manusia.

IV.             Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar

Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi


                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: