Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP22




GEOGRAFI X RPP 22

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : - Menunjukkan persebaran iklim dunia
                                                  - Mengidentifikasi terjadinya perubahan iklim global
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Mendeskripsikan jenis vegetasi menurut iklim
B.     Menganalisis perubahan iklim global

2.      Materi Pembelajaran
  1. Jenis Vegetasi menurut Iklim
  2. Perubahan Iklim Global

3.      Metode Pembelajaran
Ceramah, life skills, unjuk kerja, penugasan

4.      Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    Peta konsep
VI. OHP / Slide Proyektor
VII.                      Peta iklim dunia menurut Koppen
VIII.                   Peta sebaran vegetasi dunia
IX. Internet

5.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian vegetasi dan perubahan iklim global.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan jenis vegetasi menurut iklim dan perubahan iklim global secara garis besar (hal 138 - 142).
·         Siswa mengamati peta iklim dunia menurut Koppen dan peta sebaran vegetasi dunia pada buku sumber, kemudian menganalisis pengaruh iklim terhadap sebaran vegetasi di muka bumi berdasarkan kedua peta tersebut (Analitika hal 142).
·         Mendiskusikan secara berkelompok mengenai perubahan iklim global (Aktivitas hal 142).
3.      Kegiatan Penutup
A.    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
B.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
C.     Penugasan mengerjakan soal evaluasi akhir bab mengenai Atmosfer (hal 144 – 145)

6.      Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Pengamatan dan Diskusi
Bahan diskusi              : Analitika dan Aktivitas (hal 142)
Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman materi pembahasan




Kemampuan melakukan analisis




Kemampuan menyampaikan pendapat




Kemampuan bekerja sama




Partisipasi dan inisiatif




Ketelitian




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Kunci Jawaban
 I. Pilihan Ganda
  1. a
  2. e
  3. c
  4. b
  5. d
  6. Pada soal, seharusnya kecepatan angin yang melintasi daerah X adalah 45 km/jam, sehingga termasuk kategori jenis angin ribut (b).
  7. e
  8. b
  9. d
  10. b

II. Essai
D.    Manfaat atmosfer bagi kehidupan di muka bumi, antara lain sebagai berikut.
A.    Perubahan atmosfer dapat memengaruhi perubahan cuaca dan iklim di muka bumi.
B.     Perubahan cuaca dan iklim dapat memengaruhi pola kehidupan di muka bumi.
C.     Mempertahankan keseimbangan panas di permukaan bumi.
D.    Memantulkan gelombang radio.
E.     Melindungi bumi dari radiasi sinar matahari yang berbahaya bagi kehidupan di muka bumi.
E.     Faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan curah hujan, antara lain adalah letak DKAT, bentuk medan/topografi, arah dan kecepatan angin, arah hadap lereng, dan kelembaban udara.
F.      Proses kondensasi di atmosfer terjadi melalui adanya perubahan wujud dari gas atau uap-uap air menjadi titik-titik air karena proses pendinginan.
G.    Karena angin Bahorok memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah yang didatanginya, sehingga dapat merusak tanaman yang terdapat di daerah tersebut.
H.    Iklim matahari adalah klasifikasi iklim yang didasarkan pada kedudukan dan pergeseran semu matahari terhadap permukaan bumi. Kedudukan matahari tersebut akan memengaruhi intensitas sinar matahari yang diterima oleh bumi.
Gambar iklim matahari.


 
















III. Soal Terapan
1.      Akan terjadi hujan, karena tekanan udara tinggi dan kelembaban udara tinggi, sehingga massa udara dipaksa naik ke atmosfer.
2.      Menyiapkan cadangan air untuk irigasi.
3.      Berdasarkan klasifikasi iklim Junghuhn, tanaman kopi dapat ditanam pada zona iklim sejuk pada ketinggian antara 1.500 – 2.000 mdpl, dengan temperatur antara 17,1º - 11,1 º C. Jika ditanam pada ketinggian 100 mdpl, maka tanaman koi tidak akan tumbuh.

I.                   Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang fenomena geosfer




Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: