Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP24



GEOGRAFI XI RPP 24
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi               :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : -  Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan

B.     Materi Pembelajaran
-          Pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan tugas mencari pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan.
·         Setelah selesai, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain diminta menanggapi.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa.
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet






F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah tentang pemanfaatn lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan!

Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: