GEOGRAFI XI RPP 24
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan
B. Materi Pembelajaran
- Pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, life skills, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Siswa mengumpulkan tugas mencari pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan.
· Setelah selesai, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain diminta menanggapi.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi dan presentasi siswa.
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto lingkungan hidup
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Diskusikanlah tentang pemanfaatn lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan!
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
| Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
| Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
| Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
| Kerja sama dalam kelompok | | | | |
| Partisipasi dalam diskusi | | | | |
| Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.

No comments:
Post a Comment