05 April 2011

Geografi SMA XI RPP12




GEOGRAFI XI RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menganalisis aspek kependudukan
Indikator                                 : - Menyajikan informasi kependudukan melalui peta,tabel, dan   grafik/diagram
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.   Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel, dan grafik/diagram

B.   Materi Pembelajaran
-          Informasi kependudukan

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.                                                                                 Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi
2.    Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan tentang informasi kependudukan secara garis besar (hal.48-50).          
·         Secara berkelompok siswa membuat peta kepadatan penduduk (Aktivitas hal.51).
·         Tanya jawab tentang hasil pembuatan peta kepadatan penduduk
3.    Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menugaskan siswa menganalisis suatu wacana dalam buku sumber (Analitika hal.50-51) dan diserahkan pada pertemuan berikutnya

E.  Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Data Monografi Penduduk
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet







F.   Penilaian
Jenis tagihan                : Tugas kelompok
Bentuk tagihan            : Peta

 

Rubrik Penilaian Peta
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kesesuaian judul dengan isi peta




Kelengkapan dan penjelasan peta




Pemberian warna




Keindahan tulisan dan kesesuaian warna dalam peta




Kerapihan dan kebersihan peta




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Kunci Jawaban
I. Pilihan Ganda
1.      c
2.      a
3.      b
4.      b
5.      e
6.      d
7.      c
8.      d
9.      b
10.  c

II. Essai
1.      Manfaat komposisi penduduk, antara lain dapat mengetahui kondisi sumber daya manusia baik menurut umur maupun jenis kelamin, sebagai dasar untuk menerapkan kebijakan yang berhubungan dengan kependudukan, dan bahan perbandingan antara keadaan suatu kelompok penduduk dengan penduduk lainnya sesuai dengan kriteria yang digunakan.
2.      Perbandingan jenis kelamin merupakan perbandingan antara jumlah penduduk laki-laki dengan jumlah penduduk perempuan pada suatu daerah dan waktu tertentu, dinyatakan dalam banyaknya laki-laki per 100 perempuan.
3.      Diket     : luas wilayah 7.800 km²
  luas lahan pertanian adalah 45% dari total lahan
jumlah penduduk 2.650.000 jiwa, dengan penduduk yang bekerja di bidang         pertanian sebanyak 68%
            Ditanya: Kepadatan penduduk aritmetika dan kepadatan penduduk agraris...?
            Jawab
Ø  Kepadatan penduduk aritmetika = jumlah penduduk (jiwa)
                                                            luas wilayah (km²)
                                                    =      2.650.000  = 340 jiwa/ km²
                                                                   7.800
Ø  Kepadatan penduduk agraris      = jumlah penduduk (jiwa)    
                                                             luas tanah pertanian (km²)
                                                   = 1.802.000  = 513,4 jiwa/ km²
                                                                    3510
4.      Sensus de jure adalah sensus yang dilakukan dengan memperhitungkan penduduk yang benar-benar tinggal di tempat sensus dilakukan, sedangkan sensus de facto adalah sensus yang perhitungannya didasarkan pada tempat dimana seseorang berada pada malam hari sebelum sensus dilaksanakan pada esok harinya.
5.       Diket    : Penduduk daerah X tahun 2000 = 15.500 jiwa (Po)
: Penduduk daerah X tahun 2005 = 25.245 jiwa (Pn)
            Ditanya: Pertumbuhan penduduk secara geometrik ...?
            Jawab
            Po=Pn (1+r)5
            25.245=15.500 (1+r)5
            25.245/15.500=(1+r)5
            1,6287096774=(1+r)5
            log 1,6287096774=log(1+r)5
            0,21184367=5 log (1+r)5
            log (1+r)=0,21184367/5
            log (1+r)=0,042368734
            1+r = (10)0,042368734
                1+r = 1,102474959
            r = 1,102474959 – 1
              = 0, 102474959 = 10,25%

III. Soal Terapan
1.      Menekan angka kelahiran, sehingga laju pertumbuhan penduduk berjalan lambat. Walaupun menikah muda tapi kemungkinan besar keinginan memiliki anak dapat ditunda dengan alat kontrasepsi..
2.      Ya, karena penduduk yang tidak produktif lebih banyak daripada yang produktif, sehingga pendapatan yang diterima menjadi rendah karena harus membiayai penduduk yang tidak produtif.
3.      Ya, dapat. Tetapi dengan syarat natalitasnya stabil bahkan rendah, sehingga penduduk Indonesia jumlahnya berkurang.




IV. Skala Sikap

Rubrik Penilaian Skala Sikap
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: