05 April 2011

Geografi SMA XI RPP25




GEOGRAFI XI RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi               :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : -  Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menganalisis resiko lingkungan hidup dalam pembangunan

B.     Materi Pembelajaran
-          Resiko lingkungan hidup

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi.
2.      Kegiatan Inti: 25 menit
·         Bersama-sama mendiskusikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan.
·         Membuat kesimpulan hasil diskusi.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Penugasan secara individu mengerjakan Uji Penguasaan Materi pada buku sumber hal.92. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·         Menugaskan siswa untuk membaca dan mencermati materi mengenai Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet dan media cetak







F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah tentang resiko lingkungan hidup dalam pembangunan!


Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: