GEOGRAFI XI RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Mendeskripsikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menganalisis resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
B. Materi Pembelajaran
- Resiko lingkungan hidup
C. Metode Pembelajaran
Diskusi, life skills, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Bersama-sama mendiskusikan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan.
· Membuat kesimpulan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Penugasan secara individu mengerjakan Uji Penguasaan Materi pada buku sumber hal.92. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Menugaskan siswa untuk membaca dan mencermati materi mengenai Konsep Pelestarian Lingkungan Hidup.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto lingkungan hidup
- OHP / Slide Proyektor
- Internet dan media cetak
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Diskusikanlah tentang resiko lingkungan hidup dalam pembangunan!
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | ||||
Kemampuan merumuskan masalah | ||||
Kemampuan menganalisis masalah | ||||
Kemampuan memecahkan masalah | ||||
Kerja sama dalam kelompok | ||||
Partisipasi dalam diskusi | ||||
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | ||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment