Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP7




GEOGRAFI XI RPP 7
BAB 2 ANTROPOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
Indikator                                : -Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan   jenis kelamin
                                                  -Mengelompokkan data kependudukan berdasarkan umur dan jenis kelamin        
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
-          Mengelompokkan data kependudukan berdasarkan umur dan jenis kelamin
-          Menghitung sex ratio dan dependency ratio

B.     Materi Pembelajaran
-          Komposisi penduduk

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan secara garis besar tentang komposisi penduduk (hal.31 - 36).
·         Siswa secara individu mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing.
·         Secara kelompok, mengelompokkannya data kependudukan dari 4 RT berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin.
·         Tanya jawab berdasarkan hasil pencatatan, pengumpulan, dan pengelompokkan data kependudukan dari RT.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan secara kelompok, siswa menghitung sex ratio dan dependency ratio berdasarkan data kependudukan yang diperolehnya.




E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Data Monografi Kelurahan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.     Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat tanya jawab, lihat rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam tanya jawab




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab




Nilai rata-rata




Komentar


Keterangan:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: