GEOGRAFI XI RPP 7
BAB 2 ANTROPOSFER
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
Indikator : -Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
-Mengelompokkan data kependudukan berdasarkan umur dan jenis kelamin
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
- Mengelompokkan data kependudukan berdasarkan umur dan jenis kelamin
- Menghitung sex ratio dan dependency ratio
B. Materi Pembelajaran
- Komposisi penduduk
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Apersepsi materi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar tentang komposisi penduduk (hal.31 - 36).
· Siswa secara individu mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing.
· Secara kelompok, mengelompokkannya data kependudukan dari 4 RT berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin.
· Tanya jawab berdasarkan hasil pencatatan, pengumpulan, dan pengelompokkan data kependudukan dari RT.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan secara kelompok, siswa menghitung sex ratio dan dependency ratio berdasarkan data kependudukan yang diperolehnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Data Monografi Kelurahan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
- Penilaian saat tanya jawab, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kerja sama dalam kelompok | | | | |
Partisipasi dalam tanya jawab | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Keterangan:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment