05 April 2011

Geografi SMA XII Silabus 2




GEOGRAFI XII SILABUS 2

SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA .........................................................                                                                                      
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : XII (dua belas)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 54 JP
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis wilayah dan pewilayahan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
3.1. Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa dan kota
Pola Keruangan Desa dan Kota
·    Pengertian serta Ciri-ciri Desa dan Kota




·    Potensi Desa







·     Menggali informasi tentang desa dan kota dari berbagai referensi
·     Menjelaskan kembali pengertian serta ciri-ciri desa dan kota dari berbagai referensi
·     Secara mandiri, mengidentifikasi potensi desa dan kaitannya dengan perkembangan desa dan kota
·     Secara berkelompok, menentukan wilayah tempat tinggal apakah termasuk wilayah kota atau desa



·   Mendeskripsikan pengertian serta ciri-ciri desa dan kota




·   Mengidentifikasi potensi desa dan kaitannya dengan perkembangan desa dan kota



·      Tes tertulis (post test)




·      Tugas individu



·      Tugas kelompok









·     Uraian






·     Portofolio




·     Analitika











·    Jelaskan pengertian desa dan kota menurut Prof. Dr. R. Bintarto!
·    Jelaskan perbedaan ciri-ciri antara desa dan kota!

·    Analisislah kaitan antara potensi desa dan tingkat perkembangan desa dan kota!

·    Buatlah analisis berdasarkan peta penggunaan lahan wilayah tempat tinggalmu, tentukan apakah wilayah tersebut termasuk wilayah kota atau desa!       (Analitika hal 71)



15 JP



·   Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 65 – 92)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Indonesia
·   Peta penggunaan lahan di wilayah tempat tinggal
·   Gambar atau chart
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet
·   Media cetak



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Struktur Ruang Desa dan Kota







·    Interaksi Desa dan Kota
·     Secara berkelompok, mengidentifikasi struktur ruang kota tempat tinggal dan menganalisis model-model teori struktur spasial kota yang sesuai dengan struktur kota tersebut

·     Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi desa – kota


·     Secara mandiri, latihan soal menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah









·     Secara berkelompok, mendiskusikan soal aktivitas pada buku sumber hal 88
·     Secara individu, mengerjakan soal Evaluasi pada buku sumber
·   Mengidentifikasi ciri-ciri struktur desa dan kota

·   Menganalisis model-model teori struktur spasial kota


·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi spasial desa – kota

·   Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah


·      Unjuk kerja







·      Unjuk kerja


·      Tugas kelompok
·      Latihan












·      Unjuk kerja



·      Tugas individu

·     Diskusi kelompok







·     Diskusi



·     Laporan diskusi
·     Uraian












·     Diskusi




·     Evaluasi

·    Analisislah pola keruangan kota tempat tinggalmu! Bandingkan dengan pola kota yang dikemukakan oleh para ahli! Apakah struktur kota tempat tinggalmu itu sesuai dengan salah satu teori tersebut?
·    Diskusikanlah dengan kelompok belajarmu Analitika pada buku sumber hal 83 – 84!
·    Buatlah laporan hasil diskusi tersebut!
·    Pada suatu wilayah terdapat tiga kota. Kota A berpenduduk 2.000 orang, Kota B 1.500 orang, dan Kota C 4.000 orang. Jarak antara Kota A dan B adalah 50 km, Kota B dan C 100 km., dan Kota A dan C 200 km. Berapa nilai kekuatan interaksi antara ketiga kota tersebut?
·    Buat kelompok beranggota 3-4 orang! Diskusikanlah soal Aktivitas pada buku sumber hal 88!
·    Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 90 - 92)




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
3.2. Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan pewilayahan dengan perencanaan pembangunan wilayah
Konsep Wilayah, Pewilayahan, dan Pertumbuhan
·    Wilayah Formal dan Fungsional















·    Pusat dan Batas Wilayah Pusat Pertumbuhan






·    Teori Tempat yang Sentral
·    Teori Kutub Pertumbuhan






·   Membaca buku dan mencermati konsep wilayah dan pewilayahan
·   Menjelaskan kembali perbedaan wilayah formal dan fungsional
·   Mengidentifikasi kota/ wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan fungsional
·   Melalui diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region) dan klasifikasi wilayah (region classification)



·   Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan secara mandiri
·   Secara berkelompok, mendiskusikan batas-batas wilayah pusat pertumbuhan
·   Mendeskripsikan fase-fase pertumbuhan wilayah


·   Mendiskusikan perbedaan teori tempat sentral dan teori kutub pertumbuhan










·   Merumuskan konsep wilayah dan pewilayahan

·   Mengidentifikasi wilayah yang termasuk wilayah formal dan atau fungsional

·   Membedakan generalisasi dan klasifikasi wilayah





·   Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan

·   Menentukan batas-batas wilayah pusat pertumbuhan
·   Mengungkapkan fase-fase pertumbuhan wilayah

·   Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub pertumbuhan










·     Post test









·     Unjuk kerja






·     Tanya jawab

·     Unjuk kerja





·     Tugas kelompok

























·     Uraian  









·     Diskusi







·     Uraian


·     Diskusi






·     Makalah































·    Jelaskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan!

·    Jelaskan perbedaan wilayah formal dan fungsional!



·    Analisislah mengenai perbedaan generalisasi wilayah (region) dan klasifikasi wilayah (region classification)!

·    Jelaskan pengertian pusat pertumbuhan!

·    Diskusikanlah batas-batas wilayah pusat pertumbuhan dan deskripsikan fase-fase pertumbuhan wilayah!

·    Diskusikanlah perbedaan antara teori tempat sentral dan teori kutub pertumbuhan!






18 JP



·   Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 94 – 106)
·   Buku penunjang lain
·   Peta Indonesia
·   Peta Wilayah Pusat Pertumbuhan di Indonesia
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet
·   Media cetak



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Penerapan Konsep Pewilayahan di Indonesia

·   Secara berkelompok, membuat makalah dan alat peraga berupa peta untuk mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia dan menganalisis pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial – budaya masyarakat




·   Secara individu, mengerjakan evaluasi pada buku sumber hal 104 - 106




·   Menunjukkan pada peta tentang pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
·   Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
·   Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial - budaya masyarakat






·     Tugas kelompok










·     Unjuk kerja
·     Tugas individu



















·     Makalah
·     Peta pusat pertumbuhan di Indonesia







·     Presentasi

·     Uji kompetensi
























·    Buatlah makalah mengenai wilayah-wilayah pusat pertumbuhan di Indonesia dan analisislah pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi dan perubahan sosial-budaya masyarakat! Presentasikan makalah tersebut!
·    Kerjakanlah evaluasi pada buku sumber! (hal 104 - 106)




3.3. Menganalisis wilayah/ pewilayahan negara maju dan negara berkembang
Pola Wilayah Negara Maju dan Negara Berkembang
·    Indikator Negara Maju dan Negara Berkembang

·    Contoh-contoh Negara Maju dan Negara Berkembang





·   Mengungkapkan kembali ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang

·   Menyebutkan contoh negara maju dan negara berkembang, serta menjelaskan karakteristik wilayah negara tersebut sehingga dapat digolongkan sebagai negara maju dan atau negara berkembang




·   Mengidentifikasi ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang

·   Memberikan contoh negara maju dan negara berkembang






·     Tanya jawab



·     Tugas kelompok





·     Unjuk kerja




·     Uraian




·     Makalah






·     Presentasi




·    Jelaskan ciri atau indikator negara maju dan negara berkembang!

·    Buatlah makalah mengenai contoh negara maju dan negara berkembang beserta karakteristik negara tersebut!

·    Presentasikanlah makalah kelompok tersebut!






21 JP





·   Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 108 – 153)
·   Buku penunjang lain
·   Peta, Atlas, dan Globe
·   World Population Data Sheet 2006
·   Gambar model pengembangan wilayah
·   Gambar pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Model Pengembangan Wilayah di Negara Maju dan Negara Berkembang




·    Pola Pembangunan atau Pengembangan Wilayah Indonesia

·   Secara berkelompok, menganalisis beberapa model pengembangan wilayah negara maju dan negara berkembang dengan menggunakan gambar pola bentuk kota di negara maju dan negara berkembang  

·   Mencermati pola pembangunan dan pengembangan wilayah Indonesia pada buku sumber
·   Secara berkelompok, membuat laporan/ makalah mengenai pola pembangunan atau pengembangan wilayah di Indonesia, kemudian dipresentasikan


·   Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah di negara maju dan negara berkembang





·   Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia

·     Unjuk kerja








·     Tugas kelompok



·     Unjuk kerja

·     Tugas individu












·     Diskusi









·     Makalah




·     Presentasi


·     Evaluasi



·     Evaluasi Semester 2

·    Analisislah secara berkelompok model pengembangan wilayah negara maju dan negara!





·    Buatlah makalah mengenai pola pembangunan atau pengembangan wilayah di Indonesia!
·    Presentasikanlah makalah kelompok tersebut!
·    Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 151 - 153)
·    Kerjakanlah soal evaluasi semester 2 pada buku sumber!  (hal 154 - 156)


·   Peta konsep
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet
·   Media cetak


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                      ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan …………………………..                                                                                  Guru Mata Pelajaran Geografi


__________________________                                                                                                                                                                                                                                      _____________________________
NIP/NRK.                                                                                                                                                    NIP/NRK.

No comments: