GEOGRAFI XI RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
Indikator : -Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mengidentifikasi kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan
B. Materi Pembelajaran
- Kualitas penduduk
· Tingkat pendidikan
· Tingkat kesehatan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan tentang keadaan penduduk di lingkungan sekitar
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan kualitas penduduk dari ciri-ciri sosial (hal.37 - 38).
· Penugasan secara individu, siswa mencari data kependudukan berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari dinas kependudukan.
· Siswa membuat karangan dari hasil temuan mengenai data kependudukan berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan.
· Tanya-jawab berdasarkan hasil pengidentifikasian kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan: siswa secara mandiri mengerjakan Uji Penguasaan Materi (hal.39)
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Data Monografi Kelurahan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar | |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment