GEOGRAFI XI RPP 22
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator : - Merumuskan konsep pembangunan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan konsep pembangunan
B. Materi Pembelajaran
- Konsep pembangunan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
· Mendiskusikan mengenai konsep pembangunan dalam kehidupan sehari-hari.
· Secara individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai situs internet atau media lainnya.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan: mendiskusikan tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Dikumpulkan dalam bentuk laporan dan diserahkan pada pertemuan berikutnya serta dipresentasikan.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto lingkungan hidup
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya | | | | |
Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar | |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment