GEOGRAFI X RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mendeskripsikan tentang bentuk muka bumi akibat
tenaga eksogen
A. Menjelaskan proses pelapukan, pengikisan, dan
pengendapan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. Menjelaskan ciri bentang alam akibat proses pengikisan dan pengendapan
2. Materi Pembelajaran
- Bentuk Muka Bumi Akibat Tenaga Eksogen
1. Pelapukan
2. Pengikisan
3. Pengendapan
3. Metode Pembelajaran
CD pembelajaran, tanya jawab, penugasan
4. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I. Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V. OHP / Slide Proyektor
VI. VCD mengenai tenaga eksogen
VII. Internet
5. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan perbedaan antara tenaga endogen dan tenaga eksogen
2. Kegiatan Inti
· Menonton film mengenai perombakan bentuk muka bumi akibat tenaga eksogen.
· Mendiskusikan mengenai isi film yang telah ditonton.
· Secara individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai materi/isi film dengan mencantumkan judul film dan pembuatnya.
3. Kegiatan Penutup
B. Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
C. Penugasan: membuat makalah kelompok mengenai perubahan bentuk lahan akibat degradasi (Aktivitas hal 96). Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya.
6. Penilaian
D. Penilaian untuk tugas karangan mengenai ringkasan film tentang perombakan bentuk muka bumi akibat tenaga eksogen.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan dari isi film | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar | |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….
No comments:
Post a Comment