GEOGRAFI XII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar : 1.3. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan
pemanfaatan peta
Indikator : - Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi
industri dan pertanian
- Membuat laporan hasil diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian
Alokasi Waktu : 2 x 3 JP
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Mengidentifikasi manfaat-manfaat peta dan pemetaan
- Menganalisis lokasi industri dan pertanian melalui peta
- Melakukan analisis pemanfaatan peta dalam menentukan lokasi industri dan pertanian
- Memetakan hasil analisis lokasi industri dan pertanian
B. Materi Pembelajaran
- Menentukan Lokasi Industri dan Pertanian
C. Metode Pembelajaran
Inquiry, unjuk kerja, portofolio, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan: 25 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: bersama-sama mengidentifikasi manfaat peta dan pemetaan.
2. Kegiatan Inti: 100 menit
· Secara mandiri, siswa menggali informasi tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian.
· Penugasan secara individu, siswa mengerjakan Aktivitas hal. 16 – 17 dalam bentuk karangan.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Pertemuan Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi:.
2. Kegiatan Inti: 110 menit
· Secara berkelompok, membuat peta tematik mengenai persebaran penduduk di Kecamatan Makmur, kemudian mendiskusikan pembagian wilayah tersebut (Aktivitas hal 17 – 19).
· Bersama-sama mendiskusikan pembagian wilayah pada peta yang telah tersedia.
· Setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup: 15 menit
· Guru memberi penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Menarik kesimpulan bersama.
· Penugasan individu, mengerjakan soal Evaluasi hal 20 – 22. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Peta, Atlas, dan Globe
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
- Media cetak
F. Penilaian
Ø Teknik : Portofolio
Ø Tagihan : Karangan Analitis
Ø Tema : Berdasarkan peta tersebut, tentukan kegiatan ekonomi apakah yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut? Apakah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian atau industri? (Analitika hal 16 – 17)
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan tentang kegiatan ekonomi yang dapat dikembangkan pada wilayah yang digambarkan pada peta | | | | |
Isi menunjukkan analisis siswa terhadap lokasi industri dan pertanian pada peta | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap masalah tersebut | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Ø Teknik : Unjuk kerja
Ø Bentuk tagihan : Diskusi
Rubrik Penilaian Diskusi *)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik | | | | |
Keaktifan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!
Ø Penilaian Produk: membuat Peta Persebaran Penduduk Kecamatan Makmur
Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kelengkapan komponen peta | | | | |
Kerapihan dan kejelasan isi peta | | | | |
Pemakaian warna yang sesuai | | | | |
Kebersihan dan kerapihan peta | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!
Ø Penilaian Evaluasi : - Pilihan ganda hal 20 - 21 (skor 1 s/d 10)
- Essai dan Soal Terapan hal 22 (skor jawaban betul 3,
mendekati skor 1)
- Skala Sikap hal 22.
Kunci Jawaban
I. Pilihan Ganda
1. c
2. a
3. a
4. b
5. c
6. a
7. e
8. a
9. b
10.
II. Essai
1. Komponen kelengkapan peta.
· Judul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan.
· Tanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan.
· Legenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol-simbol yang digunakan di dalam peta.
· Garis Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi, terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian).
· Inset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas.
· Tahun Pembuatan dan Sumber Peta
· Simbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi.
· Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.
2. Karena apabila peta berbentuk bola bumi langsung dipindahkan ke dalam bidang datar tanpa proyeksi, hasilnya adalah bidang datar yang terpotong-potong menjadi beberapa bagian, terutama untuk daerah kutub.
3. Tujuan pembuatan peta antara lain untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dalam perencanaan tata kota atau permukiman, serta menyimpan data mengenai kenampakan yang ada di muka bumi.
4. Kelebihan penulisan skala angka adalah mudah dibaca karena tertulis angkanya. Adapun kekurangannya adalah apabila terjadi pengecilan atau pembesaran peta, maka skala harus dihitung kembali berdasarkan perbesaran peta tersebut. Angka skala yang terbaru harus ditulis ulang setelah terjadi perubahan.
5. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengubah ukuran peta antara lain dengan cara mekanis, fotografis, dan optis.
· Cara mekanis yang mudah dilakukan adalah dengan menggunakan peralatan sederhana seperti pantograph. Hasil pengubahan ukuran peta dengan cara ini sangat tergantung pada kecermatan tangan pekerja di dalam menggerakkan alat.
· Cara fotografis biasanya dilakukan dengan menggunakan kamera reproduksi. Hasil pengubahan dengan cara ini biasanya cukup bagus, tetapi biayanya mahal.
· Cara optis, termasuk di dalamnya dengan menggunakan mesin fotokopi. Pengubahan ukuran peta dengan cara optis sangat mudah dilakukan. Biayanya pun relatif murah. Namun, perlu diingat bahwa penyimpangan perubahan dengan cara ini cukup besar.
III. Soal Terapan
1. Perikanan, tambak, dan pariwisata.
2. Untuk mengembangkan usaha pakaian jadi, pengusaha tersebut harus memperhatikan lokasi bahan baku dan daerah pemasaran. Lokasi bahan baku dan daerah pemasaran jangan sampai menambah biaya produksi dan biaya angkut agar harga jual pakaian tersebut dapat ditekan.
3. Peta topografi wilayah Kalimantan Barat.
IV. Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pemahaman tentang materi | | | | |
Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment