GEOGRAFI XI RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.4. Menganalisis aspek kependudukan
Indikator : - Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan pertumbuhan penduduk
- Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
B. Materi Pembelajaran
- Pertumbuhan penduduk
· Pertumbuhan penduduk alami
· Pertumbuhan penduduk aritmetika
· Pertumbuhan penduduk geometrik
· Pertumbuhan penduduk eksponensial
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi: guru menanyakan tentang cara-cara menghitung pertumbuhan penduduk
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan tentang pertumbuhan penduduk secara garis besar (hal.41-47).
· Penugasan secara individu: menghitung laju pertumbuhan penduduk suatu wilayah di Indonesia
· Tanya jawab tentang hasil perhitungan laju pertumbuhan penduduk
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan: siswa mengerjakan Uji Penguasaan Materi hal.47
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Data Monografi Penduduk
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
- Penilaian saat tanya jawab, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik masalah : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | ||||
Kemampuan merumuskan masalah | ||||
Kemampuan menganalisis masalah | ||||
Kemampuan memecahkan masalah | ||||
Partisipasi dalam tanya jawab | ||||
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | ||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Keterangan:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment