05 April 2011

Geografi SMA XI RPP11




GEOGRAFI XI RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar                   : 1.4. Menganalisis aspek kependudukan
Indikator                                 : - Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pertumbuhan penduduk
-          Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah

B.     Materi Pembelajaran
-          Pertumbuhan penduduk
·      Pertumbuhan penduduk alami
·      Pertumbuhan penduduk aritmetika
·      Pertumbuhan penduduk geometrik
·      Pertumbuhan penduduk eksponensial

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi: guru menanyakan tentang cara-cara menghitung pertumbuhan penduduk
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan tentang pertumbuhan penduduk secara garis besar            (hal.41-47).
·         Penugasan secara individu: menghitung laju pertumbuhan penduduk suatu wilayah di Indonesia
·         Tanya jawab tentang hasil perhitungan laju pertumbuhan penduduk
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan: siswa mengerjakan Uji Penguasaan Materi hal.47

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Data Monografi Penduduk
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet


F.     Penilaian
Penilaian Performance/Sikap
-          Penilaian saat tanya jawab, lihat rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik masalah             : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Partisipasi dalam tanya jawab




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab




Nilai rata-rata




Komentar


Keterangan:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: