GEOGRAFI XI SILABUS 1
SILABUS
Nama Sekolah : ....................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Jurusan / Semester : XI (sebelas)/IPS/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 19x45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer | · Pengertian Biosfer · Faktor-faktor penyebaran flora dan fauna · Ruang Lingkup Geografi · Objek Studi Geografi | · Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi · Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi | · Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer · Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | · Tugas individu · Unjuk kerja | · Tertulis · Makalah dan laporan hasil diskusi | · Carilah pengertian biosfer dari situs internet! · Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna | 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Gambar fenomena biosfer · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Gambar fenomena biosfer · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna | · Sebaran flora dan fauna · Flora dan fauna di Indonesia | · Menonton VCD tentang flora dan fauna di muka bumi · Membuat peta persebaran flora dan fauna di dunia · Mengamati peta sebaran flora dan fauna di permukaan bumi · Mengamati peta persebaran flora dan fauna di Indonesia · Secara kelompok, mendeskripsikan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya | · Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi · Menjelaskan persebaran flora dan fauna · Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia · Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik | · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas individu · Tugas kelompok · Tugas individu · Unjuk kerja | · Karangan · Peta · Diskusi · Uji penguasaan materi · Peta · Uji penguasaan materi · Laporan hasil pengamatan dan diskusi | · Tontonlah VCD Flora dan Fauna tersebut dengan cermat! Buatlah ringkasannya secara berkelompok! · Buatlah peta persebaran flora dan fauna di dunia! · Diskusikanlah persebaran flora dan fauna di muka bumi! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal. 10 dan 17)! · Buatlah peta persebaran flora dan dan fauna yang ada di Indonesia (Aktivitas hal.21)! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.21)! · Diskusikanlah hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya! | 1x45 menit 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · VCD flora dan fauna · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Peta persebaran flora dan fauna di muka bumi · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
· Dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan · | · Mengkaji dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan dari berbagai referensi | · Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan | · Unjuk kerja · Portofolio · Tugas individu | · Tertulis · Laporan hasil diskusi · Soal evaluasi | · Carilah data mengenai kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa dari situs internet atau media lainnya! · Diskusikanlah dampak kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa terhadap kehidupan di Indonesia dan usaha untuk mengatasinya (Aktivitas hal.24)! · Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber! | 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Internet | |
1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer | · Antroposfer 1) Kuantitas penduduk - Komposisi penduduk menurut umur - Komposisi penduduk menurut jenis kelamin | · Secara individu, siswa mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing · Mengelompokkan data kepndudukkan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin · Secara kelompok, menghitung sex ratio dan dependency ratio | · Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin · Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT · Mengelompokkan data kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin · Menghitung sex ratio dan dependency ratio | · Tugas individu · Unjuk kerja · Unjuk kerja | · Laporan · Tertulis · Tertulis | · Catatlah dan kumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing! · Kelompokkan data kependudukkan yang diperoleh dari 4 RT berdasarkan umur dan jenis kelamin! · Hitunglah sex ratio dan dependency ratio berdasarkan data kependudukan yang telah diperoleh! | 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Kelurahan · OHP atau Slide Proyektor · Gambar atau foto fenomena geosfer · Internet |
2) Kualitas penduduk - Tingkat pendidikan - Tingkat kesehatan | · Secara individu, mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di lapangan | · Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan | · Tugas individu · Unjuk kerja · Tugas individu · Portofolio | · Tertulis · Karangan · Uji penguasaan materi | · Carilah data kependudukan berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari dinas kependudukan! · Uraikanlah kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di RT masing-masing! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.39)! · Tontonlah VCD mengenai planet dengan cermat! Buatlah ringkasannya! · Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber! | 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet | |||
1.4. Menganalisis aspek kependudukan | · Aspek kependudukan 1) Natalitas 2) Mortalitas · Sejarah Pembentukan Muka Bumi | · Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan · Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan | · Menghitung tingkat kelahiran penduduk · Menghitung tingkat kematian penduduk · Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi | · Tugas individu · Tugas individu | · Uraian · Uraian · Tanya jawab · Soal evaluasi | · Hitunglah angka kelahiran di wilayahmu! · Hitunglah angka kematian di wilayahmu! | 1x45 menit 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Peta konsep · OHP atau Slide Proyektor · Peta Dunia · Internet | ||
3) Pertumbuhan penduduk 4) Migrasi | · Menghitung pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah berdasarkan data yang telah tersaji · Secara berkelompok, membuat peta penyebaran penduduk, tabel penduduk, dan grafik penduduk yang datanya telah tersaji | · Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah · Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel, grafik atau diagram | · Tugas Individu · Tugas individu · Tugas kelompok · Tugas individu | · Uraian · Uji Penguasaan Materi · Peta · Analisis kasus | · Hitunglah pertumbuhan penduduk beberapa wilayah di Indonesia! · Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi hal.47! · Buatlah peta kepadatan penduduk kelurahan tempat tinggal berdasarkan data jumlah penduduk dan luas wilayah (Aktivitas hal.51)! · Kerjakanlah Analitika pada buku sumber hal.50-51 | 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Data Monografi Penduduk · Peta Kepadatan Penduduk · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam 2.2. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam | · Sumber daya alam · Jenis sumber daya alam · Pengelolaan sumber daya alam · Anggota Jagat Raya | · Mengungkapkan kembali pengertian sumber daya alam dari beberapa referensi secara individu · Mengungkapkan kembali jenis-jenis sumber daya alam dari beberapa referensi secara individu · Mengamati peta persebaran sumber daya alam di Indonesia | · Merumuskan pengertian sumber daya alam · Menganalisis potensi sumber daya alam · Secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan | · Unjuk kerja · Tugas individu · Tugas individu · Unjuk kerja · Tugas individu | · Tertulis · Tes lisan · Tertulis · Laporan · Analisis kasus | · Carilah pengertian sumber daya alam dari berbagai situs internet dan media lainnya! · Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? · Carilah jenis-jenis sumber daya dari berbagai situs internet dan media lainnya! · Diskusikanlah tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan! · Analisislah mengapa minyak bumi dan batubara digolongkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (Analitika hal.61)! | 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · Peta persebaran sumber daya alam Indonesia · OHP atau Slide Proyektor · Internet |
2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif | · Pemanfaatan sumber daya alam · Prinsip ekoefisiensi · Pembangunan berwawasan lingkungan | · Merumuskan pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi · Mendiskusikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Secara kelompok mengidentifikasi contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Menonton VCD tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan | · Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan · Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi · Mengidentifikasi tentang pembangunan berwawasan lingkungan | · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja | · Laporan · Diskusi · Tanya jawab · Karangan | · Carilah pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi! · Diskusikanlah pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi! · Berikanlah contoh pemanfaatan sumber daya berdasarkan prinsip ekoefisiensi! · Tontonlah VCD pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan dengan cermat!Buatlah ringkasannya | 1x45 menit 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · VCD pengelolaan sumber daya alam · OHP atau Slide Proyektor · Internet | |||||
· Sumber daya alam dan pembangunan berwawasan lingkungan · Pengelolaan sumber daya alam | · Merumuskan pengertian pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai referensi · Menjelaskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan · Menjelaskan konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan · Menguraikan ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan · Secara berkelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan | · Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan · Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan · Merumuskan konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan · Mengidentifikasi ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan | · Unjuk kerja · Tugas individu · Unjuk kerja · Unjuk kerja · Tugas kelompok | · Karangan · Tanya jawab · Tes lisan · Tertulis · Laporan | · Carilah pengertian pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai situs internet dan media lainnya! · Sebutkan ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan! · Bagaimanakah konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan? · Uraikan ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan! · Diskusikanlah tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan | 1x45 menit 1x45 menit | · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Internet · Buku sumber · Buku penunjang lain · OHP atau Slide Proyektor · Internet | ||||||
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment