Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI Silabus 1




GEOGRAFI XI SILABUS 1
SILABUS

Nama Sekolah                        : ....................................................................                                                                                     
Mata Pelajaran                         : Geografi
Kelas/Jurusan / Semester         : XI (sebelas)/IPS/ 1 (satu)
Alokasi Waktu                         : 19x45 menit
Standar Kompetensi                 : 1.  Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Jenis
Tagihan
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen


1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
·    Pengertian Biosfer









·    Faktor-faktor penyebaran flora dan fauna









·    Ruang Lingkup Geografi

·    Objek Studi Geografi



·   Mengungkapkan kembali fenomena biosfer dari bahan berbagai referensi







·   Secara berkelompok, mendiskusikan faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna, kemudian presentasi



·   Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer








·   Mengidentifikasi faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna







·     Tugas individu









·     Unjuk kerja






·     Tertulis










·     Makalah dan laporan hasil diskusi



·    Carilah pengertian biosfer dari situs internet!









·    Diskusikanlah faktor-faktor  yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna


1x45 menit










1x45 menit

·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Gambar fenomena biosfer
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet



·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Gambar fenomena biosfer
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet









1.2.  Menganalisis sebaran flora dan fauna
·      Sebaran flora dan fauna


















·      Flora dan fauna di Indonesia

















·     Menonton VCD tentang flora dan fauna di muka bumi



·     Membuat peta persebaran flora dan fauna di dunia
 
·     Mengamati peta sebaran flora dan fauna di permukaan bumi







·     Mengamati peta persebaran flora dan fauna di Indonesia






·     Secara kelompok, mendeskripsikan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya
·   Mengidentifikasi sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi






·   Menjelaskan persebaran flora dan fauna








·   Menganalisis persebaran flora dan fauna di Indonesia






·   Menjelaskan hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik
·      Unjuk kerja




·      Tugas kelompok


·      Unjuk kerja


·      Tugas individu




·      Tugas kelompok



·      Tugas individu


·      Unjuk kerja
·     Karangan





·     Peta



·     Diskusi



·     Uji penguasaan materi



·     Peta




·     Uji penguasaan materi

·      Laporan hasil pengamatan dan diskusi
·    Tontonlah VCD Flora dan Fauna tersebut dengan cermat! Buatlah ringkasannya secara berkelompok!

·    Buatlah peta persebaran  flora dan fauna di dunia!


·    Diskusikanlah persebaran flora dan fauna di muka bumi!

·    Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal. 10 dan 17)!



·    Buatlah peta persebaran flora dan dan fauna yang ada di Indonesia (Aktivitas hal.21)!

·    Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi  pada buku sumber (hal.21)!

·    Diskusikanlah hubungan sebaran flora dan fauna dengan kondisi fisik lingkungannya!
1x45 menit









1x45 menit









1x45 menit
·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   VCD flora dan fauna
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet


·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Peta persebaran flora dan fauna di muka bumi
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet

·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet























·      Dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan




















·       

















·      Mengkaji dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan dari berbagai referensi













·      Membuat laporan tentang dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan













·     Unjuk kerja




·     Portofolio







·     Tugas individu




·     Tertulis





·     Laporan hasil diskusi






·     Soal evaluasi

·    Carilah data mengenai kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa dari situs internet atau media lainnya!

·    Diskusikanlah dampak kerusakan cagar alam atau suaka margasatwa terhadap kehidupan di Indonesia dan usaha untuk mengatasinya (Aktivitas hal.24)!

·    Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!


1x45 menit










·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet












1.3. Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
·      Antroposfer
1)       Kuantitas penduduk
-    Komposisi penduduk menurut umur
-    Komposisi penduduk menurut jenis kelamin
















·     Secara individu, siswa mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing

·     Mengelompokkan data kepndudukkan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin


·     Secara kelompok, menghitung sex ratio dan dependency ratio
·   Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
·   Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT
·   Mengelompokkan data kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin


·   Menghitung sex ratio dan dependency ratio
·      Tugas individu




·      Unjuk kerja




·     Unjuk kerja


·      Laporan





·     Tertulis





·     Tertulis


·    Catatlah dan kumpulkan data kependudukan dari RT masing-masing!



·    Kelompokkan data kependudukkan yang diperoleh dari 4 RT berdasarkan umur dan jenis kelamin!

·    Hitunglah sex ratio dan dependency ratio berdasarkan data kependudukan yang telah diperoleh!


1x45 menit












·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Data Monografi Kelurahan
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Gambar atau foto fenomena geosfer
·   Internet









2)       Kualitas penduduk
-    Tingkat  pendidikan
-    Tingkat kesehatan







·     Secara individu, mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di lapangan



·   Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan






·      Tugas individu




·      Unjuk kerja






·     Tugas individu






·     Portofolio








·      Tertulis





·      Karangan






·     Uji penguasaan materi



·    Carilah data kependudukan berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari dinas kependudukan!

·    Uraikanlah kualitas penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data di RT masing-masing!

·    Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi pada buku sumber (hal.39)!






·    Tontonlah VCD mengenai planet dengan cermat! Buatlah ringkasannya!



·    Kerjakanlah soal-soal evaluasi pada buku sumber!



1x45 menit
















·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Data Monografi Penduduk
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet




1.4. Menganalisis aspek kependudukan
·    Aspek kependudukan
1)       Natalitas





 

2)       Mortalitas









·    Sejarah Pembentukan Muka Bumi










·     Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan



·     Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan di lapangan


·   Menghitung tingkat kelahiran penduduk





·   Menghitung tingkat kematian penduduk







·   Mendeskripsikan sejarah pembentukan muka bumi





·      Tugas individu





·      Tugas individu







·      Uraian






·      Uraian









·      Tanya jawab


·      Soal evaluasi




















·      Hitunglah angka kelahiran di wilayahmu!





·      Hitunglah angka kematian di wilayahmu!




1x45 menit






1x45 menit









1x45 menit

·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Data Monografi Penduduk
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet

·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Data Monografi Penduduk
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet

·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Peta konsep
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Peta Dunia
·   Internet















3)       Pertumbuhan penduduk







 

4)       Migrasi








·     Menghitung pertumbuhan penduduk pada suatu wilayah berdasarkan data yang telah tersaji




·     Secara berkelompok, membuat peta penyebaran penduduk, tabel penduduk, dan grafik penduduk yang datanya telah tersaji




·     Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah






·   Menyajikan informasi kependudukan melalui peta, tabel, grafik atau diagram








·     Tugas Individu




·     Tugas individu


·      Tugas kelompok







·      Tugas individu








·      Uraian





·      Uji Penguasaan Materi

·      Peta








·      Analisis kasus


















·      Hitunglah pertumbuhan penduduk beberapa wilayah di Indonesia!

·      Kerjakanlah Uji Penguasaan Materi hal.47!

·      Buatlah peta kepadatan penduduk kelurahan tempat tinggal berdasarkan data jumlah penduduk dan luas wilayah (Aktivitas hal.51)!

·      Kerjakanlah Analitika pada buku sumber hal.50-51


1x45 menit








1x45 menit









·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Data Monografi Penduduk
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet


·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Data Monografi Penduduk
·   Peta Kepadatan Penduduk
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet

















Standar Kompetensi   : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Jenis
Tagihan
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen


2.1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam




2.2. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
·    Sumber daya alam







·    Jenis sumber daya alam





·    Pengelolaan sumber daya alam









·    Anggota Jagat Raya













·      Mengungkapkan kembali  pengertian sumber daya alam dari beberapa referensi  secara individu



·      Mengungkapkan kembali jenis-jenis sumber daya alam dari beberapa referensi secara individu

·      Mengamati peta persebaran sumber daya alam di Indonesia
















·   Merumuskan pengertian sumber daya alam





·   Menganalisis potensi sumber daya alam




·   Secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan
















·     Unjuk kerja


·     Tugas individu



·     Tugas individu





·     Unjuk kerja



·     Tugas individu
·      Tertulis



·     Tes lisan




·     Tertulis






·     Laporan




·     Analisis kasus
·    Carilah pengertian sumber daya alam dari berbagai situs internet dan media lainnya!

·    Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam?



·    Carilah jenis-jenis sumber daya dari berbagai situs internet dan media lainnya!




·    Diskusikanlah tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan!

·    Analisislah mengapa minyak bumi dan batubara digolongkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (Analitika hal.61)!
1x45 menit








1x45 menit

















·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet



·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   Peta persebaran sumber daya alam Indonesia
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet









2.3. Menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam secara arif
·      Pemanfaatan sumber daya alam






 

·      Prinsip ekoefisiensi













 

·    Pembangunan berwawasan lingkungan
·     Merumuskan pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi





·     Mendiskusikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi

·     Secara kelompok mengidentifikasi contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi




·     Menonton VCD tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan






·   Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan






·   Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi

·   Memberikan contoh pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi


·   Mengidentifikasi tentang pembangunan berwawasan lingkungan

·      Tugas kelompok








·      Unjuk kerja





·      Tugas kelompok







·      Unjuk kerja
·      Laporan









·      Diskusi






·      Tanya jawab








·      Karangan
·    Carilah pengertian  pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi!






·    Diskusikanlah pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi!



·    Berikanlah contoh pemanfaatan sumber daya berdasarkan prinsip ekoefisiensi!





·      Tontonlah VCD pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan  dengan cermat!Buatlah ringkasannya

1x45 menit









1x45 menit















1x45 menit

·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet




·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet









·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   VCD pengelolaan sumber daya alam
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet






·    Sumber daya alam dan pembangunan berwawasan lingkungan







 

·    Pengelolaan sumber daya alam











·     Merumuskan pengertian pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai referensi

·     Menjelaskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan


·     Menjelaskan konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan




·     Menguraikan ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan

·     Secara berkelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan

·   Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan


·   Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan

·   Merumuskan konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan

·   Mengidentifikasi ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan



·      Unjuk kerja






·      Tugas individu




·      Unjuk kerja







·      Unjuk kerja




·      Tugas kelompok











·      Karangan






·      Tanya jawab




·      Tes lisan 







·      Tertulis




·      Laporan















·      Carilah pengertian pembangunan berwawasan lingkungan dari berbagai situs internet dan media lainnya!


·      Sebutkan ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan!



·      Bagaimanakah konsep pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan?




·      Uraikan ciri-ciri pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan!

·      Diskusikanlah tentang pengelolaan sumber daya alam berwawasan lingkungan





1x45 menit











1x45 menit

·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet







·   Buku sumber
·   Buku penunjang lain
·   OHP atau Slide Proyektor
·   Internet
















Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                      ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan …………………………..                                                                                  Guru Mata Pelajaran Geografi


__________________________                                                                                                                                                                                                                                      _____________________________
NIP.                                                                                                                                                             NIP.

No comments: