Google Web Search Gadget

Facebook Share

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP23




GEOGRAFI XI RPP 23
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi               :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : -  Memberi contoh tindakan-tindakan yang mencerminkan             pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mengidentifikasikan tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan

B.     Materi Pembelajaran
-          tindakan pemanfaatan lingkungan hidup

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Siswa mempresentasikan makalah kelompok mengenai tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Kelompok lain diminta menanggapi.
·         Siswa mendiskusikan mengenai tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·         Bersama-sama membuat kesimpulan hasil diskusi.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Refraksi materi
·         Penugasan secara individu mencari tentang pemanfaatan lingkungan hidup dalam pembangunan, dikumpulkan pada pertemuan berikutnya sebagai bahan diskusi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet
F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan!

Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55



Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments:

Finance Tip of the Day

Online shop