GEOGRAFI XI RPP 13
BAB 3. SUMBER DAYA ALAM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam
Indikator                                 : - Merumuskan pengertian sumber daya alam
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian sumber daya alam
B.     Materi Pembelajaran
-          Sumber daya
-          Sumber daya alam 
C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan secara garis besar sumber daya dan sumber daya alam (hal.57)
·         Siswa secara individu mencari pengertian sumber daya alam dari situs internet atau media lainnya
·         Siswa membuat karangan hasil temuan dari situs internet atau media lainnya dengan mencantumkan sumbernya
·         Tanya jawab mengenai hasil temuan siswa
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. 
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar sumber daya alam
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian sumber daya alam dari situs internet dan media lain.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
| Aspek yang dinilai | Nilai  kualitatif | Nilai  kuantitatif | Deskripsi  (Alasan) | |
| Pengantar menunjukkan isi | ||||
| Pengantar disajikan dengan bahasa yang   baik | ||||
| Isi menunjukkan penjelasan dari   kutipan/pendapat tokoh | ||||
| Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
| Penutup memberi kesimpulan akhir   terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
| Penutup disajikan dengan bahasa yang   baik | ||||
| Nilai   rata-rata | ||||
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai   kualitatif | Nilai   kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 | 
| Baik | 3 | 68 - 79 | 
| Cukup | 2 | 56 - 67 | 
| Kurang | 1 | < 55 | 
Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi
____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.
Administrasi PBM, Geografi SMA XI, RPP  Geografi  SMA XI, Geografi  SMA XI RPP13,
GEOGRAFI XI RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
Indikator                                 : - Menganalisis potensi sumber daya alam
- Menjelaskan pengelolaan sumber daya berwawasan  lingkungan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam
-          Menjelaskan pengelolaan sumber daya berwawasan lingkungan
-          Menganalisis persebaran sumber daya alam
B.     Materi Pembelajaran
-          Klasifikasi sumber daya alam
-          Persebaran sumber daya alam
C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan klasifikasi dan persebaran sumber daya alam secara garis besar (hal 59 - 77) dari berbagai referensi.
·         Siswa mencari jenis-jenis sumber daya alam dari berbagai referensi.
·         Secara individu siswa membuat karangan mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dengan mencantumkan sumbernya.
·         Tanya jawab mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dan mencermati contoh jenis-jenis sumber daya alam di buku teks (hal 59 - 60) 
·         Penugasan secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. 
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan secara individu mengerjakan Analitika pada buku sumber (hal.61).
E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet
F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan?
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................
| Aspek yang dinilai | Nilai  kualitatif | Nilai  kuantitatif | Deskripsi  (Alasan) | |
| Kemampuan mengidentifikasi masalah | ||||
| Kemampuan merumuskan masalah | ||||
| Kemampuan menganalisis masalah | ||||
| Kemampuan memecahkan masalah | ||||
| Kerja sama dalam kelompok | ||||
| Partisipasi dalam diskusi | ||||
| Kemampuan mengemukakan pendapat dan   menghargai pendapat orang lain | ||||
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik   dalam diskusi | ||||
| Nilai rata-rata | ||||
| Komentar | ||||
Rubrik Penilaian Karangan
| Aspek yang dinilai | Nilai  kualitatif | Nilai  kuantitatif | Deskripsi  (Alasan) | |
| Pengantar menunjukkan isi | ||||
| Pengantar disajikan dengan bahasa yang   baik | ||||
| Isi menunjukkan penjelasan dari   kutipan/pendapat tokoh | ||||
| Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
| Penutup memberi kesimpulan akhir   terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
| Penutup disajikan dengan bahasa yang   baik | ||||
| Nilai   rata-rata | ||||
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai   kualitatif | Nilai   kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 | 
| Baik | 3 | 68 - 79 | 
| Cukup | 2 | 56 - 67 | 
| Kurang | 1 | < 55 | 
Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi
____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment