Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XI RPP14




GEOGRAFI XI RPP 13
BAB 3. SUMBER DAYA ALAM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam
Indikator                                 : - Merumuskan pengertian sumber daya alam
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian sumber daya alam

B.     Materi Pembelajaran
-          Sumber daya
-          Sumber daya alam

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan secara garis besar sumber daya dan sumber daya alam (hal.57)
·         Siswa secara individu mencari pengertian sumber daya alam dari situs internet atau media lainnya
·         Siswa membuat karangan hasil temuan dari situs internet atau media lainnya dengan mencantumkan sumbernya
·         Tanya jawab mengenai hasil temuan siswa
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar sumber daya alam
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet




F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian sumber daya alam dari situs internet dan media lain.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi



____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

Administrasi PBM, Geografi SMA XI, RPP  Geografi  SMA XI, Geografi  SMA XI RPP13,









GEOGRAFI XI RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
Indikator                                 : - Menganalisis potensi sumber daya alam
- Menjelaskan pengelolaan sumber daya berwawasan  lingkungan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam
-          Menjelaskan pengelolaan sumber daya berwawasan lingkungan
-          Menganalisis persebaran sumber daya alam

B.     Materi Pembelajaran
-          Klasifikasi sumber daya alam
-          Persebaran sumber daya alam

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru menjelaskan klasifikasi dan persebaran sumber daya alam secara garis besar (hal 59 - 77) dari berbagai referensi.
·         Siswa mencari jenis-jenis sumber daya alam dari berbagai referensi.
·         Secara individu siswa membuat karangan mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dengan mencantumkan sumbernya.
·         Tanya jawab mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dan mencermati contoh jenis-jenis sumber daya alam di buku teks (hal 59 - 60)
·         Penugasan secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Penugasan secara individu mengerjakan Analitika pada buku sumber (hal.61).

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet


F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan?


Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal               : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
Nama Siswa                : .................................................................................

Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kerja sama dalam kelompok




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar











Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: