GEOGRAFI XI RPP 13
BAB 3. SUMBER DAYA ALAM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam
Indikator : - Merumuskan pengertian sumber daya alam
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan pengertian sumber daya alam
B. Materi Pembelajaran
- Sumber daya
- Sumber daya alam
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan secara garis besar sumber daya dan sumber daya alam (hal.57)
· Siswa secara individu mencari pengertian sumber daya alam dari situs internet atau media lainnya
· Siswa membuat karangan hasil temuan dari situs internet atau media lainnya dengan mencantumkan sumbernya
· Tanya jawab mengenai hasil temuan siswa
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar sumber daya alam
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian sumber daya alam dari situs internet dan media lain.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
Administrasi PBM, Geografi SMA XI, RPP Geografi SMA XI, Geografi SMA XI RPP13,
GEOGRAFI XI RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI(sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 2.2. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam
Indikator : - Menganalisis potensi sumber daya alam
- Menjelaskan pengelolaan sumber daya berwawasan lingkungan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam
- Menjelaskan pengelolaan sumber daya berwawasan lingkungan
- Menganalisis persebaran sumber daya alam
B. Materi Pembelajaran
- Klasifikasi sumber daya alam
- Persebaran sumber daya alam
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga belas
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi.
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Guru menjelaskan klasifikasi dan persebaran sumber daya alam secara garis besar (hal 59 - 77) dari berbagai referensi.
· Siswa mencari jenis-jenis sumber daya alam dari berbagai referensi.
· Secara individu siswa membuat karangan mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya jawab mengenai hasil temuan dari berbagai referensi dan mencermati contoh jenis-jenis sumber daya alam di buku teks (hal 59 - 60)
· Penugasan secara kelompok, mendiskusikan tentang pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Penugasan secara individu mengerjakan Analitika pada buku sumber (hal.61).
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Gambar atau foto lingkungan hidup
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Bagaimana pengelolaan sumber daya yang berwawasan lingkungan?
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Kemampuan mengidentifikasi masalah | ||||
Kemampuan merumuskan masalah | ||||
Kemampuan menganalisis masalah | ||||
Kemampuan memecahkan masalah | ||||
Kerja sama dalam kelompok | ||||
Partisipasi dalam diskusi | ||||
Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | ||||
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment