GEOGRAFI XII SILABUS 1
SILABUS
Nama Sekolah : SMA .........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : XII (dua belas)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 54 JP
Standar Kompetensi : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | |||||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | |||||||||
1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan | Peta dan Pemetaan · Pengertian Peta · Jenis-jenis Peta · Komponen Peta | · Menyebutkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi · Menjelaskan perbedaan dari berbagai jenis peta · Secara individu, menunjukkan komponen-komponen pada peta yang telah disediakan | · Menjelaskan kembali pengertian peta · Membedakan jenis-jenis peta · Menunjukkan komponen-komponen peta | · Tes tertulis · Unjuk kerja · Tugas individu | · Uraian · Uji identifikasi · Uji Penguasaan Materi | · Rumuskan pengertian peta dari berbagai ahli dengan menggunakan bahasa sendiri! · Jelaskan perbedaan antara peta kuantitatif dan peta kualitatif! · Jelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe! · Tunjukkanlah komponen peta pada peta yang telah disediakan! · Kerjakanlah soal uji penguasaan materi pada buku sumber! (hal 13) | 6 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10) · Buku penunjang lain · Peta, Atlas, dan Globe · OHP · Slide Proyektor · Internet | |||
· Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan | · Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan · Secara berkelompok, menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 | · Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan · Menganalisis peta dengan baik | · Portofolio | · Analitika | · Analisislah pola persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 pada gambar 1.9! (Analitika hal 14) | 6 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14) · Buku penunjang lain · Peta · OHP · Slide Proyektor · Internet | ||||
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | |||||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | |||||||||
1.2. Mempraktik-kan ketrampilan dasar peta dan pemetaan | · Membuat Peta | · Melakukan kunjungan ke Bakosurtanal · Secara berkelompok, siswa melakukan wawancara dengan pegawai Bakosurtanal dan membuat laporan hasil kunjungan Bakosurtanal · Mempresentasikan laporan hasil kunjungan ke Bakosurtanal · Secara berkelompok, membuat peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan | · Membuat laporan hasil pengukuran · Merumuskan data hasil pengukuran di lapangan · Membuat peta hasil pengukuran di lapangan | · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Unjuk kerja dan Tugas kelompok | · Wawancara · Laporan Kunjungan Bakosurtanal · Presentasi · Pemetaan · Peta wilayah sekolah | · Wawancarailah pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta! Buatlah laporannya berdasarkan kunjungan ke Bakosurtanal! · Presentasikanlah laporan hasil kunjungan Bakosurtanal! · Lakukan pengukuran wilayah sekolahmu, catat, dan buat laporan hasil pengukuran tersebut! Buatlah peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan! | 12 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14) · Buku penunjang lain · Peta, Atlas, dan Globe · Teodolit, kompas, kalkir · OHP · Slide Proyektor · Internet | |||
1.3. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta | · Menentukan Lokasi Industri dan Pertanian | · Menggali informasi tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian · Secara individu, mengerjakan Analitika pada buku sumber · Secara berkelompok, membuat peta tematik mengenai persebaran penduduk di Kecamatan Makmur, kemudian mendiskusikan pembagian wilayah tersebut | · Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian · Membuat laporan hasil diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian | · Portofolio · Tugas kelompok · Tugas individu | · Analitika · Peta dan laporan diskusi · Evaluasi | · Berdasarkan peta tersebut, tentukan kegiatan ekonomi apakah yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut? Apakah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian atau industri? (Analitika hal 16 – 17) · Berdasarkan data kependudukan yang telah tersedia, buatlah peta persebaran penduduk dan peta pembagian wilayah Kec. Makmur! (Aktivitas hal 17 – 19) · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 20 - 22) | 6 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 14 - 19) · Buku penunjang lain · Peta, Atlas, dan Globe · OHP · Slide Proyektor · Internet · Media cetak | |||
2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
2.1. Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh | Penginderaan Jauh · Pengertian Penginderaan Jauh · Unsur-unsur Citra Penginderaan Jauh · Pemanfaatan Penginderaan Jauh | · Secara mandiri, menyebutkan kembali pengertian penginderaan jauh dari berbagai referensi · Menjelaskan perbedaan unsur-unsur penginderaan jauh · Secara individu, mendeskripsikan manfaat penginderaan jauh | · Menjelaskan pengertian penginderaan jauh · Membedakan unsur-unsur penginderaan jauh · Mengidentifikasi pemanfaatan penginderaan jauh | · Tanya jawab · Tugas individu · Unjuk kerja · Tugas individu | · Uraian · Interpretasi citra · Diskusi · Evaluasi | · Jelaskan pengertian penginderaan jauh menurut Lillesand & Kiefer! · Interpretasikanlah citra yang kamu dapatkan dari berbagai sumber, amatilah unsur-unsur penginderaan jauh yang terdapat pada citra tersebut! · Diskusikanlah bersama teman-temanmu tentang berbagai bentuk pemanfaatan penginderaan jauh dalam kaitannya dengan bidang pertanian di Indonesia! (Aktivitas hal 35) · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 36-38) | 9 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 24 - 38) · Buku penunjang lain · Peta · Foto udara · OHP · Slide Proyektor · Internet |
2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) | Sistem Informasi Geografis (SIG) · Pengertian SIG · Komponen SIG | · Secara individu, merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi · Secara individu, mengidentifikasikan komponen-komponen SIG | · Merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi · Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG | · Tanya jawab | · Uraian | · Jelaskan dengan bahasamu sendiri tentang pengertian SIG! · Sebutkan komponen-komponen pada SIG! | 15 JP | · Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10) · Buku penunjang lain · Peta · Foto udara · Gambar atau chart SIG |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber /Bahan/ Alat Belajar | ||
Teknik | Bentuk Tagihan | Contoh Instrumen | ||||||
| · Tahapan Kerja dalam SIG · Penerapan SIG dalam kajian geografi · Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi | · Secara berkelompok, melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG, kemudian menyimpulkan hasil overlay tersebut · Secara berkelompok, mendiskusikan tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tekstil dapat menentukan lokasi industri yang tepat · Tanya jawab tentang manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi | · Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG · Melakukan kegiatan meng-overlaykan peta transparansi · Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi · Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi | · Unjuk kerja · Unjuk kerja · Tugas kelompok · Unjuk kerja · Tugas individu | · Overlay Peta · Diskusi · Laporan hasil diskusi · Tanya jawab · Evaluasi · Evaluasi Semester 1 | · Carilah informasi dari peta komposit yang kalian buat mengenai karakteristik temperatur, kepadatan penduduk, morfologi, dan curah hujan daerah tersebut! (Aktivitas hal 52) · Suatu perusahaan akan mendirikan pabrik tekstil. Diskusikanlah tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tersebut dapat menentukan lokasi yang tepat! (Aktivitas hal 58) · Identifikasikanlah manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi! · Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 59 - 60) · Kerjakanlah soal evaluasi semester 1 pada buku sumber! (hal 61 - 64) | | · Sumber data SIG · Hardware dan software SIG · OHP · Slide Proyektor · Internet · Media cetak |
Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi
__________________________ _____________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.
No comments:
Post a Comment