05 April 2011

Geografi SMA XII Silabus 1




GEOGRAFI XII SILABUS 1
SILABUS

Nama Sekolah                         : SMA .........................................................                                                                                      
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : XII (dua belas)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu                        : 54 JP
Standar Kompetensi               : 1. Mempraktikkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
1.1. Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
Peta dan Pemetaan
·    Pengertian  Peta



·    Jenis-jenis Peta



·    Komponen Peta


















·   Menyebutkan kembali pengertian peta dari berbagai referensi


·   Menjelaskan perbedaan dari berbagai jenis peta



·   Secara individu, menunjukkan komponen-komponen pada peta yang telah disediakan








·   Menjelaskan kembali pengertian peta



·   Membedakan jenis-jenis peta



·   Menunjukkan komponen-komponen peta


































·     Tes tertulis








·     Unjuk kerja


·     Tugas individu






















·     Uraian









·     Uji identifikasi 


·     Uji Penguasaan Materi





























·    Rumuskan pengertian peta dari berbagai ahli dengan  menggunakan bahasa sendiri!
·    Jelaskan perbedaan antara peta kuantitatif dan peta kualitatif!
·    Jelaskan perbedaan antara peta, atlas, dan globe!
·    Tunjukkanlah komponen peta pada peta yang telah disediakan!
·    Kerjakanlah soal uji penguasaan materi pada buku sumber! (hal 13)


















6 JP








·   Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10)
·   Buku penunjang lain
·   Peta, Atlas, dan Globe
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet


·    Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan

·   Mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
·   Secara berkelompok, menganalisis peta persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000


·   Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar peta dan pemetaan
·   Menganalisis peta dengan baik

·     Portofolio





















·     Analitika



























·    Analisislah pola persebaran angka kelahiran penduduk dunia tahun 2000 pada gambar 1.9!    (Analitika hal 14)

















6 JP







·   Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14)
·   Buku penunjang lain
·   Peta
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
1.2. Mempraktik-kan ketrampilan dasar peta dan pemetaan
·    Membuat Peta

















·   Melakukan kunjungan ke Bakosurtanal
·   Secara berkelompok, siswa melakukan wawancara dengan pegawai Bakosurtanal dan membuat laporan hasil kunjungan Bakosurtanal
·   Mempresentasikan laporan hasil kunjungan ke Bakosurtanal
·   Secara berkelompok, membuat peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan







·   Membuat laporan hasil pengukuran


·   Merumuskan data hasil pengukuran di lapangan





·   Membuat peta hasil pengukuran di lapangan































·     Unjuk kerja
·     Tugas kelompok



·     Unjuk kerja


·     Unjuk kerja dan Tugas kelompok





















·     Wawancara
·     Laporan Kunjungan Bakosurtanal


·     Presentasi



·     Pemetaan
·     Peta wilayah sekolah



























·    Wawancarailah pegawai Bakosurtanal mengenai proses pembuatan peta! Buatlah laporannya berdasarkan kunjungan ke Bakosurtanal!

·    Presentasikanlah laporan hasil kunjungan Bakosurtanal!
·    Lakukan pengukuran wilayah sekolahmu, catat, dan buat laporan hasil pengukuran tersebut! Buatlah peta wilayah sekolah berdasarkan hasil pengukuran di lapangan!


















12 JP








·   Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 10 - 14)
·   Buku penunjang lain
·   Peta, Atlas, dan Globe
·   Teodolit, kompas, kalkir
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet


1.3. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta
·    Menentukan Lokasi Industri dan Pertanian



















·   Menggali informasi tentang manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian

·   Secara individu, mengerjakan Analitika pada buku sumber

·   Secara berkelompok, membuat peta tematik mengenai persebaran penduduk di Kecamatan Makmur, kemudian mendiskusikan pembagian wilayah tersebut







·   Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian





·   Membuat laporan hasil diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis lokasi industri dan pertanian































·     Portofolio








·     Tugas kelompok





·     Tugas individu 





















·     Analitika








·     Peta dan laporan diskusi




·     Evaluasi































·    Berdasarkan peta tersebut, tentukan kegiatan ekonomi apakah yang dapat dikembangkan di wilayah tersebut? Apakah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian atau industri? (Analitika hal 16 – 17)
·    Berdasarkan data kependudukan yang telah tersedia, buatlah peta persebaran penduduk dan peta pembagian wilayah Kec. Makmur!    (Aktivitas hal 17 – 19)
·    Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber!      (hal 20 - 22)

















6 JP








·   Buku sumber Geografi SMA XII– ESIS (hal 14 - 19)
·   Buku penunjang lain
·   Peta, Atlas, dan Globe
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet
·   Media cetak















2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen
2.1. Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
Penginderaan Jauh
·    Pengertian Penginderaan Jauh

·    Unsur-unsur Citra  Penginderaan Jauh



·    Pemanfaatan Penginderaan Jauh

















·   Secara mandiri, menyebutkan kembali pengertian penginderaan jauh dari berbagai referensi
·   Menjelaskan perbedaan unsur-unsur penginderaan jauh




·   Secara individu, mendeskripsikan manfaat penginderaan jauh









·   Menjelaskan pengertian penginderaan jauh


·   Membedakan unsur-unsur penginderaan jauh




·   Mengidentifikasi pemanfaatan penginderaan jauh


































·     Tanya jawab


·     Tugas individu





·     Unjuk kerja







·     Tugas individu






















·     Uraian



·     Interpretasi citra





·     Diskusi








·     Evaluasi





























·    Jelaskan pengertian penginderaan jauh menurut Lillesand & Kiefer!
·    Interpretasikanlah citra yang kamu dapatkan dari berbagai sumber, amatilah unsur-unsur penginderaan jauh yang terdapat pada citra tersebut!
·    Diskusikanlah bersama teman-temanmu tentang berbagai bentuk pemanfaatan penginderaan jauh dalam kaitannya dengan bidang pertanian di Indonesia! (Aktivitas hal 35)
·    Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 36-38)


















9 JP










·   Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 24 - 38)
·   Buku penunjang lain
·   Peta
·   Foto udara
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet


2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG)
Sistem Informasi Geografis (SIG)
·    Pengertian  SIG


·    Komponen SIG




·   Secara individu, merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi
·   Secara individu, mengidentifikasikan komponen-komponen SIG



·   Merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi

·   Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG



·     Tanya jawab







·     Uraian








·    Jelaskan dengan bahasamu sendiri tentang pengertian SIG!

·    Sebutkan komponen-komponen pada SIG!



15 JP



·   Buku sumber Geografi SMA XII – ESIS (hal 2 - 10)
·   Buku penunjang lain
·   Peta
·   Foto udara
·   Gambar atau chart SIG



Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik
Bentuk
Tagihan
Contoh
Instrumen

·    Tahapan Kerja dalam SIG






·    Penerapan SIG dalam kajian geografi






·    Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi

















·   Secara berkelompok, melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG, kemudian menyimpulkan hasil overlay tersebut

·   Secara berkelompok, mendiskusikan tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tekstil dapat menentukan lokasi industri yang tepat


·   Tanya jawab tentang manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi







·   Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG
·   Melakukan kegiatan meng-overlaykan peta transparansi


·   Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi







·   Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi

































·     Unjuk kerja






·     Unjuk kerja

·     Tugas kelompok




·     Unjuk kerja

·     Tugas individu





















·     Overlay Peta






·     Diskusi


·     Laporan hasil diskusi



·     Tanya jawab

·     Evaluasi


·     Evaluasi Semester 1




























·    Carilah informasi dari peta komposit yang kalian buat mengenai karakteristik temperatur, kepadatan penduduk, morfologi, dan curah hujan daerah tersebut! (Aktivitas hal 52)
·    Suatu perusahaan akan mendirikan pabrik tekstil. Diskusikanlah tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tersebut dapat menentukan lokasi yang tepat!        (Aktivitas hal 58)
·    Identifikasikanlah manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi!
·    Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 59 - 60)
·    Kerjakanlah soal evaluasi semester 1 pada buku sumber!  (hal 61 - 64)



























·   Sumber data SIG
·   Hardware dan software SIG
·   OHP
·   Slide Proyektor
·   Internet
·   Media cetak


Mengetahui,                                                                                                                                                                                                                                                                      ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan …………………………..                                                                                  Guru Mata Pelajaran Geografi


__________________________                                                                                                                                                                                                                                      _____________________________
NIP/NRK.                   NIP/NRK.

No comments: