Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA XII RPP6




GEOGRAFI XII RPP 6

BAB 3. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMA ........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XII (dua belas)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem
      Informasi Geografis (SIG)
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis
Indikator                                 : -    Merumuskan pengertian SIG dari berbagai referensi
-          Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG
-          Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG
-          Melakukan kegiatan meng-overlaykan peta transparansi
-          Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi
-          Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam kajian geografi       
Alokasi Waktu                        : 5 x 3 JP

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Menjelaskan pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG)
-          Mengidentifikasikan komponen-komponen pada SIG
-          Mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG
-          Mengidentifikasikan sumber data SIG
-          Melakukan praktek overlay peta transparansi ke kertas kalkir
-          Mengaplikasikan SIG dalam kajian geografi
-          Mengidentifikasikan manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian  SIG
-          Komponen SIG
-          Tahapan Kerja dalam SIG
-          Penerapan SIG dalam kajian geografi
-          Pemanfaatan SIG dalam kajian geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, inquiry, life skills, unjuk kerja, portofolio, dan penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 25 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran, dan menceritakan tentang kebutuhan informasi geografis sekarang ini.
2.      Kegiatan Inti: 100 menit
·      Siswa secara individu, mencermati pengertian SIG dari berbagai referensi.
·      Merumuskan pengertian SIG dengan menggunakan bahasa masing-masing berdasarkan berbagai pendapat ahli.
·      Secara mandiri, siswa membaca buku dan mencermati komponen-komponen SIG.
·      Tanya jawab tentang komponen-komponen SIG.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·      Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
·      Penugasan kelompok, melakukan overlay peta transparansi dan mendeskripsikan tahapan-tahapan kerja dalam SIG, kemudian menyimpulkan hasil overlay tersebut (Aktivitas hal 52). Tugas ini dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Kelima belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: tanya jawab tentang tahapan-tahapan kerja dalam SIG.
2.      Kegiatan Inti: 100 menit
·      Secara berkelompok, mencari informasi dari peta komposit yang telah kelompok buat mengenai karakteristik temperatur, kepadatan penduduk, morfologi, dan curah hujan di daerah pada peta tersebut (Aktivitas hal. 52).
·      Mempresentasikan hasil diskusi siswa mengenai identifikasi peta komposit yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok.
·      Setiap kelompok menarik kesimpulan masing-masing.
3.      Kegiatan Penutup: 15 menit
·      Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·      Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.

Pertemuan Keenam belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: guru menanyakan tahapan kerja dalam penginderaan SIG secara konvensional.
2.      Kegiatan Inti: 100 menit
·      Secara berkelompok, mendiskusikan tahapan-tahapan pengerjaan SIG yang harus dilakukan agar perusahaan tekstil dapat menentukan lokasi industri yang tepat (Aktivitas hal. 58).
·      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing.
·      Setiap kelompok membuat kesimpulan kelompok masing-masing.
3.      Kegiatan Penutup: 200 menit
·      Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·      Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

Pertemuan Ketujuh belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 15 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: guru menjelaskan pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang.
2.      Kegiatan Inti: 60 menit
·      Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
·      Setiap kelompok mengidentifikasi manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang. Analisis ini dibuat dalam bentuk karangan analitis.
·      Diskusi jigsaw tentang pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang.
3.      Kegiatan Penutup: 60 menit
·      Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
·      Menarik kesimpulan materi.
·      Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.

Pertemuan Kedelapan belas
1.      Kegiatan Pendahuluan: 20 menit
·      Memberi salam dan mengabsen.
·      Apersepsi materi: guru menjelaskan tentang sumber data dalam identifikasi SIG.
2.      Kegiatan Inti: 100 menit
·      Secara individu, siswa mengerjakan soal evaluasi (hal 59 – 60) dan evaluasi semester 1 (hal 61 – 64).
3.      Kegiatan Penutup: 15 menit
·      Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·      Siswa bertanya mengenai materi selama satu semester yang kurang dimengerti.
·      Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA XII IPS – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Peta
-          Foto udara
-          Sumber data SIG
-          Gambar atau chart SIG
-          Hardware dan Software SIG
-          OHP atau Slide Proyektor
-          Internet
-          Media cetak

F.     Penilaian
Ø  Teknik                         : Tanya Jawab
Ø  Bentuk tagihan            : Uraian
Ø  Tema                           : Pengertian dan Komponen-komponen SIG

Rubrik Penilaian Tanya Jawab
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam tanya jawab




Keaktifan




Nilai rata-rata




Komentar






Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Ø  Penilaian Produk: membuat Peta Komposit

Rubrik Penilaian Produk*)
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Kelengkapan komponen peta




Kerapihan dan kejelasan isi peta




Pemakaian warna yang sesuai




Kebersihan dan kerapihan peta




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!


Ø  Jenis tagihan                : Unjuk Kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Diskusi
Ø  Bahan diskusi              : Identifikasi peta komposit mengenai karakteristik temperatur,
  kepadatan penduduk, morfologi, dan curah hujan di daerah
  pada peta tersebut (Aktivitas hal. 52).

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
Kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar


* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!


Ø  Jenis tagihan                : Portofolio
Ø  Bentuk tagihan            : Karangan Analitis
Ø  Bahan diskusi              : Manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan tentang manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang




Isi menunjukkan contoh-contoh pemanfaatan SIG dalam berbagai bidang




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar
* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!


Ø  Jenis tagihan                : Unjuk Kerja
Ø  Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Manfaat-manfaat SIG dalam berbagai bidang

Rubrik Penilaian Diskusi
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
Kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Kemampuan mengidentifikasi masalah




Kemampuan merumuskan masalah




Kemampuan menganalisis masalah




Kemampuan memecahkan masalah




Partisipasi dalam diskusi




Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi




Nilai rata-rata




Komentar

* Berilah penilaian sesuai dengan keterangan nilai di bawah rubrik penilaian tanya jawab!

Ø Penilaian Evaluasi       : -  Pilihan ganda hal 59 - 60 (skor 1 s/d 10)
                                                  -  Essai hal 60 (skor jawaban betul 3, mendekati skor 1)
                                                  -  Skala Sikap hal 60

Kunci Jawaban Evaluasi
I. Pilihan Ganda

1.      a
2.      b
3.      e
4.      a
5.      b
6.      c
7.      c
8.      a
9.      a
10.  a



II. Essai
1.        Karena adanya peningkatan kebutuhan akan informasi geografis dalam bentuk peta ternyata tidak mampu lagi dipenuhi hanya dengan menggunakan cara-cara konvensional. Selain memakan waktu yang lama dan biaya yang besar, peta yang dibuat dengan cara konvensional juga memiliki kelemahan lainnya. Salah satunya adalah keterbatasan informasi yang bisa disajikan.
2.        Melalui penggunaan SIG, akan mempermudah dalam pengolahan data yang berkaitan dengan segala bidang. Hal ini disebabkan kemampuan SIG diantaranya mampu mencari lokasi yang memenuhi persyaratan atau kriteria tertentu, menyajikan kecenderungan perubahan atau perkembangan suatu fenomena, mampu menganalisis pola suatu fenomena, mampu membuat model keruangan, serta mampu mencari dan menunjukkan lokasi suatu objek dan memberikan keterangan mengenai obejk tersebut. Karena banyak bidang kehidupan dan disiplin ilmu yang memerlukan informasi tentang ruang dan lokasi.
3.        Keuntungan penggunaan SIG adalah memudahkan dan mempercepat pemrosesan data geografis yang berhubungan dengan lokasi. Selain itu, data yang dihasilkan SIG dapat dimanipulasi dengan cepat dan efisien, sehingga dapat diubah kapan saja diperlukan.
4.        Tahapan pengolahan data menggunakan SIG yaitu sebagai berikut.
·      Tahap Persiapan
-          Kajian kebutuhan
-          Pemenuhan konsep dan rencana analisis
-          Merancang siklus basis data
·      Tahap Pembuatan Peta
-          Pemasukan data grafis
-          Tahap editing
-          Tahap konversi
-          Tahap anotasi
-          Tahap pembelian label
-          Pemasukan data nongrafis
·      Tahap Analisis
-          Melakukan penggabungan atau tumpang susun beberapa peta (overlay) suatu daerah dengan skala yang sama.
-          Penggabungan tersebut menghasilkan suatu peta baru atau peta komposit yang siap dianalisis lebih lanjut sesuai kebutuhan.
5.        Manfaat SIG antara lain sebagai berikut.
·      Bidang pendidikan: menentukan lokasi sekolah, membuat sistem informasi pendidikan, dan sebagai alat bantu pemahaman pada pembelajaran geografi.
·      Bidang transportasi dan perhubungan: manajemen pemeliharaan dan perencanaan perluasan jaringan transportasi, penentuan jalur transportasi yang efektif, analisis rawan kemacetan dan bahaya kecelakaan, serta inventarisasi jaringan transportasi.
·      Bidang telekomunikasi: perencanaan, pemeliharaan, dan analisis perluasan jaringan telekomunikasi.
·      Bidang ekonomi: menentukan lokasi bisnis yang prospektif.
·      Bidang militer: penyediaan data spasial untuk analisis rute perjalanan logistik dan peralatan perang, pembuatan peta elektronik yang dihubungkan dengan radar yang akan mendeteksi kendaraan-kendaraan ataupun pesawat-pesawat militer musuh sebagai usaha pertahanan negara.


III. Soal Terapan
1.    Hal-hal yang harus dilakukan Johan antara lain mempersiapkan kebutuhan informasi yang diperlukan, kemudian membuat konsep dan rencana analisis berupa penentuan peta-peta tematik yang dibutuhkan. Dengan demikian, peta tematik yang dibutuhkan Johan adalah peta penggunaan lahan wilayah Depok sejak tahun 1995-an. Setelah itu, Johan perlu melakukan perencanaan pengorganisasian data yang akan dimasukkan ke dalam sistem. Tahapan selanjutnya adalah pembuatan peta digital, antara lain pemasukan data grafis, tahap editing, tahap anotasi, tahap labelling, dan pemasukan data nongrafis. Setelah peta selesai dibuat, kemudian dilakukan analisis sesuai dengan kebutuhan. Kemudian peta-peta tersebut di-overlaykan sehingga dihasilkan peta baru yang menunjukkan perbandingan luas lahan hijau dan permukiman penduduk.
2.    Iya. Aplikasi SIG dapat digunakan dalam bidang pendidikan, yaitu untuk mengetahui lokasi penempatan lembaga pendidikan yang tepat dan sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar.
3.    Iya. Melalui SIG, dapat dilakukan mitigasi bencana alam. Daerah rawan tanah longsor dapat diketahui melalui identifikasi daerah bervegetasi sedikit atau hutan gundul dengan kemiringan lereng yang terjal. Sementara daerah rawan tsunami dapat diidentifikasi dengan memantau daerah pesisir pantai dan melakukan pengamatan pasang surut air laut.


IV. Skala Sikap
Rubrik Penilaian Skala Sikap
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
 (Alasan)
Pemahaman tentang materi




Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan tersebut




Sikap terhadap pernyataan/kutipan tersebut




Alasan terhadap sikap atas pernyataan/kutipan tersebut




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam analisis




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Ø Penilaian Evaluasi Semester 1 : -  Pilihan ganda hal 61 - 63 (skor 1 s/d 25)
   -  Essai hal 64 (skor berbeda tiap bobot soal)
                                                             

Kunci Jawaban Soal Evaluasi Semester I
I. Pilihan Ganda

1.      d
2.      d
3.      c
4.      d
5.      a
6.      b
7.      d
8.      a
9.      e
10.  c
11.  a
12.  a
13.  c
14.  d
15.  a
16.  e
17.  a
18.  d
19.  e
20.  d
21.  b
22.  a
23.  e
24.  c
25.  e
26.  e

                

II. Essai
1.       Pengertian sistem, informasi, geografis, dan SIG.
§  Sistem adalah sekumpulan objek, ide, yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama. Untuk mencapai tujuan tersebut sistem terdiri atas sejumlah subsistem yang saling terkait.
§  Informasi adalah analisis dan sintesis terhadap data. Informasi juga dapat dikatakan sebagai data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan.
§  Geografis yaitu persoalan mengenai bumi.
§  SIG adalah suatu sistem berbasis komputer yang mampu melakukan pekerjaan mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis suatu data geografis secara spasial.
2.       Definisi Sistem Informasi Geografis (SIG ) dari berbagai ahli.
§  Menurut Rice, Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem komputer yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis dan menampilkan data yang berhubungan dengan posisi suatu objek di permukaan bumi.
§  Menurut Aronoff, Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi berbagai informasi geografi.
§  Menurut Michael N. Demers, Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem komputer yang digunakan untuk mengumpulkan, mengintegrasikan, dan menganalisis berbagai informasi yang berhubungan dengan permukaan bumi.
§  Menurut Star, Sistem Informasi Geografis (SIG ) adalah sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat geografi.
3.       Komponen kelengkapan peta.
·      Judul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan.
·      Tanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan.
·      Legenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol-simbol yang digunakan di dalam peta.
·      Garis Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi, terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian).
·      Inset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas.
·      Tahun Pembuatan dan Sumber Peta
·      Simbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi.
·      Skala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.
4.       Peta Umum adalah peta yang memberikan gambaran keadaan muka bumi yang sesungguhnya. Contoh peta umum, antara lain peta dunia, peta Republik Indonesia, dan peta Jawa Tengah. Peta tematik adalah peta yang menggambarkan objek tertentu yang dibuat sesuai kebutuhan. Contoh peta tematik antara lain peta kepadatan penduduk, peta pariwisata, dan peta curah hujan.
5.       Berdasarkan bentuknya, simbol peta terdiri atas empat jenis, yaitu sebagai berikut.
§  Simbol titik. Simbol yang digunakan untuk memperlihatkan persebaran berbagai kenampakan di permukaan bumi. Contoh penggunaan simbol titik adalah untuk menggambarkan bentukan alam berupa gunung, serta letak kota, gedung, dan bandara di suatu wilayah.
§  Simbol garis. Kondisi geografis yang digambarkan dengan simbol garis adalah objek geografis yang memiliki panjang, seperti garis pantai, sungai, jalan raya, dan rel kereta api.
§  Simbol luas/ area. Simbol area menunjukan adanya luasan dari sebuah objek geografis. Contoh kondisi geografis yang berupa area adalah, danau, sawah, hutan, dan kawasan industri.
§  Simbol volume merupakan simbol yang ditampilkan secara tiga dimensi, sehingga penampilannya menjadi lebih hidup. Simbol ini dapat merupakan perubahan bentuk dari simbol titik, simbol garis, dan simbol luas.
6.       Jenis proyeksi berdasarkan distorsi (kesalahan yang ingin dihindari) antara lain sebagai berikut.
Ø Proyeksi konform menunjukkan sudut atau bentuk di permukaan bumi sama dengan bentuk pada peta.
Ø Proyeksi ekuivalen menunjukkan luas pada peta sama dengan luas di muka bumi.
Ø Proyeksi ekuidistan menunjukkan bahwa jarak yang melalui pusat peta memiliki panjang yang tetap.
7.       Citra adalah hasil atau keluaran sistem penginderaan jauh.
8.      Berdasarkan wahana yang digunakan, citra dibedakan menjadi dua jenis, yaitu citra foto dan citra non foto atau citra satelit.
9.      Pemanfaatan data penginderaan jauh.
Ø Keperluan Geologi, penginderaan jauh dimanfaatkan untuk mengetahui bentuk informasi linier berupa garis sesar atau patahan.
Ø Keperluan Meteorologi, penginderaan jauh dimanfaatkan untuk mengidentifikasi keadaan udara, misalnya kualitas udara yang berkenaan dengan pencemaran udara. Selain itu, penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau kondisi iklim, pola angin, analisis cuaca, tutupan awan, temperatur permukaan, dan konsentrasi ozon.
10.   Unsur-unsur yang digunakan dalam interpretasi citra antara lain sebagai berikut.
Ø Skala foto
Ø Bentuk atau gambar yang terdapat pada foto udara merupakan konfigurasi atau kerangka suatu objek.
Ø Ukuran merupakan atribut objek, berupa jarak, luas, tinggi, volume, kemiringan. Ukuran foto udara berkaitan dengan skala foto udara tersebut.
Ø Pola merupakan kecenderungan bentuk suatu objek.
Ø Rona merupakan tingkat kecerahan atau kegelapan suatu objek yang terdapat pada foto udara atau citra.
Ø Tekstur merupakan frekuensi perubahan rona pada citra.
Ø Bayangan dapat mempermudah penafsiran kenampakan suatu objek yang diidentifikasi.
Ø Situs merupakan posisi suatu objek relatif terhadap objek lainnya.
Ø Asosiasi merupakan keterkaitan antarobjek.
Ø Konvergensi bukti merupakan penggunaan beberapa unsur interpretasi citra sehingga ruang lingkupnya menjadi semakin sempit ke arah atau kumpulan tertentu.





Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi


____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: