Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP17




GEOGRAFI X RPP 17

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
         litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya
    degradasi lahan
-   Menganalisis dampak degradasi lahan bagi kehidupan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Menganalisis degradasi lahan dan dampaknya terhadap kehidupan

B.     Materi Pembelajaran
  1. Degradasi Lahan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    OHP / Slide Proyektor
VI. Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Siswa mengumpulkan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mempresentasikan makalah kelompok mengenai perubahan bentuk lahan akibat degradasi.
·         Peserta didik mendiskusikan mengenai perubahan bentuk lahan akibat degradasi.
·         Bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan hasil diskusi.
3.      Kegiatan Penutup
A.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
B.     Menugaskan siswa untuk membaca buku sumber mengenai Pedosfer dan membawa sampel tanah dari halaman rumah.

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah mengenai perubahan bentuk lahan akibat degradasi

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..

No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi



                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: