GEOGRAFI X RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.1. Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
litosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
Indikator : - Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya
degradasi lahan
- Menganalisis dampak degradasi lahan bagi kehidupan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. Menganalisis degradasi lahan dan dampaknya terhadap kehidupan
B. Materi Pembelajaran
- Degradasi Lahan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan
C. Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I. Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V. OHP / Slide Proyektor
VI. Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Siswa mengumpulkan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik mempresentasikan makalah kelompok mengenai perubahan bentuk lahan akibat degradasi.
· Peserta didik mendiskusikan mengenai perubahan bentuk lahan akibat degradasi.
· Bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup
A. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
B. Menugaskan siswa untuk membaca buku sumber mengenai Pedosfer dan membawa sampel tanah dari halaman rumah.
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Diskusikanlah mengenai perubahan bentuk lahan akibat degradasi
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | ||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | |
2. | Kerjasama kelompok | | | |
3. | Hasil tugas | | | |
4. | Penggunaan bahasa yang baik | | | |
Jumlah Nilai Kelompok | | | ||
Penilaian Individu Peserta didik | ||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | | | |
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | |
3. | Inisiatif | | | |
4. | Ketelitian | | | |
Jumlah Nilai Individu | | |
Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar | |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….
No comments:
Post a Comment