GEOGRAFI X RPP 20
BAB 7. PERUBAHAN ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
Indikator : - Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan
pemanfaatannya
- Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. Menganalisis lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
B. Menjelaskan dinamika unsur cuaca dan iklim
B. Materi Pembelajaran
- Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer
- Unsur-Unsur Cuaca Dan Iklim
C. Metode Pembelajaran
Life skills, diskusi, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I. Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V. Peta konsep
VI. OHP / Slide Proyektor
VII. Alat-alat pengukur: termometer, barometer, hygrometer, dan anemometer
VIII. Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
A. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru dan siswa membahas soal evaluasi mengenai Pedosfer.
· Guru menanyakan perbedaan antara cuaca dan iklim.
B. Kegiatan Inti
· Guru menyiapkan alat-alat pengukur suhu, tekanan, kelembaban udara, dan kecepatan angin. Melakukan unjuk kerja secara berkelompok dengan mengukur suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara, dan kecepatan angin di sekitar sekolah.
· Mendiskusikan hasil pengukuran.
C. Kegiatan Penutup
A. Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
B. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Pengamatan dan Diskusi
Bahan diskusi : Amatilah dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim di sekitar sekolah!
Lembar Penilaian Pengamatan dan Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik Pengamatan : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | ||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | |
2. | Kerjasama kelompok | | | |
3. | Hasil tugas | | | |
4. | Penggunaan bahasa yang baik | | | |
Jumlah Nilai Kelompok | | | ||
Penilaian Individu Peserta didik | ||||
1. | Partisipasi dalam kegiatan | | | |
2. | Berani menjawab pertanyaan | | | |
3. | Inisiatif | | | |
4. | Ketelitian | | | |
Jumlah Nilai Individu | | |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
No comments:
Post a Comment