05 April 2011

Geografi SMA X RPP20




GEOGRAFI X RPP 20

BAB 7. PERUBAHAN ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar                   : 3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap
         kehidupan di muka bumi
Indikator                                 : -   Menjelaskan ciri-ciri lapisan atmosfer dan
   pemanfaatannya
-  Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    Menganalisis lapisan atmosfer dan pemanfaatannya
B.     Menjelaskan dinamika unsur cuaca dan iklim

B.     Materi Pembelajaran
  1. Ciri-Ciri Lapisan Atmosfer
-          Unsur-Unsur Cuaca Dan Iklim

C.    Metode Pembelajaran
Life skills, diskusi, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I.       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II.    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V.    Peta konsep
VI. OHP / Slide Proyektor
VII.                      Alat-alat pengukur: termometer, barometer, hygrometer, dan anemometer
VIII.                   Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
A.    Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru dan siswa membahas soal evaluasi mengenai Pedosfer.
·         Guru menanyakan perbedaan antara cuaca dan iklim.
B.     Kegiatan Inti
·         Guru menyiapkan alat-alat pengukur suhu, tekanan, kelembaban udara, dan kecepatan angin. Melakukan unjuk kerja secara berkelompok dengan mengukur suhu udara, tekanan udara, kelembaban udara, dan kecepatan angin di sekitar sekolah.
·         Mendiskusikan hasil pengukuran.
C.     Kegiatan Penutup
A.    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
B.     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Pengamatan dan Diskusi
Bahan diskusi              : Amatilah dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim di sekitar sekolah!

Lembar Penilaian Pengamatan dan Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik Pengamatan      : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Partisipasi dalam kegiatan



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: