GEOGRAFI X RPP 9
BAB 3. TATA SURYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian dan proses terjadinya
Tata Surya
- Menjelaskan teori-teori tentang Tata Surya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan pengertian Tata Surya
- Mendeskripsikan proses terjadinya Tata Surya
- Mendeskripsikan teori-teori mengenai terjadinya Tata Surya
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Tata Surya
- Proses Terjadinya Tata Surya
- Teori-teori tentang Tata Surya
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan perbedaan antara Jagat Raya dan Tata Surya.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya (hal 33 – 35) secara garis besar menggunakan peta konsep (hal 32).
· Penugasan secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya dari situs internet seperti www.yahoo.com, www.wikipedia.com, dan www.google.com.
· Siswa membuat karangan mengenai hasil temuannya dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya di buku teks (hal 33 - 35).
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….
No comments:
Post a Comment