05 April 2011

Geografi SMA X RPP9




GEOGRAFI X RPP 9
BAB 3. TATA SURYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
Indikator                                 : -    Mendeskripsikan pengertian dan proses terjadinya
Tata Surya
-          Menjelaskan teori-teori tentang Tata Surya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan pengertian Tata Surya
-          Mendeskripsikan proses terjadinya Tata Surya
-          Mendeskripsikan teori-teori mengenai terjadinya Tata Surya

B.     Materi Pembelajaran
-          Pengertian Tata Surya
-          Proses Terjadinya Tata Surya
-          Teori-teori tentang Tata Surya

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
·         Guru menanyakan perbedaan antara Jagat Raya dan Tata Surya.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya (hal 33 – 35) secara garis besar menggunakan peta konsep (hal 32).
·         Penugasan secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya dari situs internet seperti www.yahoo.com,  www.wikipedia.com, dan www.google.com.
·         Siswa membuat karangan mengenai hasil temuannya dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya di buku teks (hal 33 - 35).
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi

                                                                                   
NIP. ...…………………….

No comments: