Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

05 April 2011

Geografi SMA X RPP2




GEOGRAFI X RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
     geografi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator                                 : -    Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
                                                  -    Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Mendeskripsikan ruang lingkup geografi
-          Menjelaskan objek studi geografi
-          Mengidentifikasikan konsep geografi dalam kajian geosfer

B.     Materi Pembelajaran
-          Ruang lingkup geografi
-          Objek studi geografi

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills

D.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar (hal 4-6).
·         Penugasan secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan.
·         Siswa mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing.
3.      Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
·         Bersama-sama menarik kesimpulan materi

F.     Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?

 

Lembar Penilaian diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat     : ……………………………………………………..
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi




                                                                                   
NIP. ...…………………….


No comments: