GEOGRAFI X RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator : - Merumuskan ruang lingkup kajian geografi
- Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mendeskripsikan ruang lingkup geografi
- Menjelaskan objek studi geografi
- Mengidentifikasikan konsep geografi dalam kajian geosfer
B. Materi Pembelajaran
- Ruang lingkup geografi
- Objek studi geografi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Guru mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar (hal 4-6).
· Penugasan secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.
· Tanya-jawab berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan.
· Siswa mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi
F. Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian geosfer?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
Penilaian kelompok | ||||
1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | |||
2. | Kerjasama kelompok | |||
3. | Hasil tugas | |||
4. | Penggunaan bahasa yang baik | |||
Jumlah Nilai Kelompok | ||||
Penilaian Individu Peserta didik | ||||
1. | Berani mengemukakan pendapat | |||
2. | Berani menjawab pertanyaan | |||
3. | Inisiatif | |||
4. | Ketelitian | |||
Jumlah Nilai Individu |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….
No comments:
Post a Comment