05 April 2011

Geografi SMA XI RPP21




GEOGRAFI XI RPP 21
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                                       : ...............................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi               :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar                   :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator                                 : -    Menjelaskan pengertian pembangunan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan tentang pengertian pembangunan

B.     Materi Pembelajaran
-          Pembangunan

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi.
·         Guru mengumpulkan tugas makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia.
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·         Guru mmenjelaskan tentang pembangunan dari berbagai sumber secara garis besar.
·         Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian pembangunan dari berbagai situs internet dan media lainnya.
·         Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari berbagai situs internet dan media lainnya.
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Menyimpulkan materi yang telah dibahas.
·         Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet




F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya




Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55


Mengetahui,                                                                …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                     Guru Geografi




____________________________                            _________________________
NIP.                                                                            NIP.

No comments: